Benarkah WhatsApp Nguping Pembicaraan Kita? Begini Cara Tahunya!

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:24 WIB
loading...
Benarkah WhatsApp Nguping Pembicaraan Kita? Begini Cara Tahunya!
Pengguna bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan mikropon di HP mereka, termasuk WhatsApp. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - WhatsApp diduga menguping pembicaraan pengguna secara diam-diam ketika mereka sedang terlelap. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Seorang engineer di Twitter Foad Dabiri mengklaim bahwa mikropon di aplikasi WhatsApp miliknya aktif saat ia sedang tidur. Belakangan hal tersebut dibantah oleh WhatsApp, mengatakan bahwa hal itu hanyalah bug di Android.

Terlepas dari itu, tim WhatsApp maupun Google sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Nah, bagaimana dengan kita sebagai pengguna? Bisakah kita mengecek apakah WhatsApp memiliki akses ke mikropon di ponsel? Jawabannya bisa.

Hal tersebut disampaikan oleh pemerhati keamanan siber dan pendiri Vaksincom Alfons Tanujaya. Ia mengatakan, WhatsApp akan memiliki akses ke mikropon di HP Anda jika digunakan untuk melakukan panggilan suara (menelpon), merekam voice notes, atau merekam video.

Benarkah WhatsApp Nguping Pembicaraan Kita? Begini Cara Tahunya!

”Jika Anda merasa tidak nyaman dan ingin privasi lebih, tentu saja Anda bisa mematikan fitur itu (mikropon). Tapi minusnya, Anda tidak lagi bisa merekam suara lewat WhatsApp,” beber Alfons.

Nah, berikut cara untuk mematikan fitur mikropon di aplikasi Whatsapp:

1. Buka Settings
2. Masuk ke Aplikasi
3. Klik Permissions – Klik ulang Permissions
4. Pilih Mikropon (disini akan terlihat aplikasi apa saja yang bisa mengakses mikropon di HP Anda).
5. Pilih WhatsApp

Di Microphone Permission, ada tiga opsi yang bisa dipilih. Opsi ini akan menentukan sejauh mana akses mikropon di HP Anda:



1. Don't allow – Tidak memberikan akses mic, dampaknya Anda tidak bisa WhatsApp Call.
2. Ask Every Time -- setiap kali terima call atau akses mic akan minta izin.
3. Allow only while using app – hanya memperbolehkan ketika kita menggunakan aplikasi.

Alfons menyarankan pengguna memilih allow only while using app, sehingga akses mikropon di HP oleh WhatsApp hanya dimungkinkan ketika kita sedang menggunakan aplikasitersebut.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)