Lebih Disuka Orang Tua, Facebook Mulai Ditinggal Anak Muda

Kamis, 11 Mei 2023 - 10:05 WIB
loading...
Lebih Disuka Orang Tua, Facebook Mulai Ditinggal Anak Muda
Kehadiran TikTok membuat Facebook ditinggal kaum muda. FOTO/ Tech Crunh
A A A
MENLO PARK - Facebook ogah disebut platform media sosial yang hanya dipakai oleh orang tua. Pasalnya semenjak kehadiran TikTok dan Instagram banyak remaja meninggalkan Facebook.



Instagram dan Snap makin banyak menarik kalangan remaja pada 2017. Sementara dalam survei yang dilakukan tahun 2022 oleh Pew Research Center terhadap remaja berusia 13 sampai 17 tahun, Facebook adalah medsos paling tidak populer, sementara yang paling populer adalah YouTube dan TikTok.

Seperti dilansir dari AFP, Facebook tengah mencari cara agar kembali anak muda, pada tahun 2021 pernah menyebut kalau mereka akan melakukan segala cara agar kembali disukai generasi muda, sekalipun cara tersebut akan membuat Facebook tak disukai orang tua.

Tampaknya Mark Zuckerberg dan banyak eksekutif Meta ogah mengakui kalau Facebook diasosiasikan sebagai medsos-nya orang tua.

Pasalnya mereka pernah dituding menyesatkan investor dalam laporannya, yaitu memberikan informasi tak tepat soal jumlah pengguna remaja dan generasi muda yang terus menurun.

Mereka hanya memamerkan pertumbuhan jumlah pengguna besar yang terjadi selama bertahun-tahun, namun tak menampilkan informasi detail soal demografis tertentu, yaitu generasi muda, demikian dari Techspot, Kamis (11/5/2023).

"Kami dulunya punya satu tim di Facebook yang berfokus untuk generasi muda, atau mungkin ada satu atau dua proyek yang dikhususnya untuk ide baru. Namun dalam dua tahun belakangan kami menyebut semua lini produk perlu berubah dan beradaptasi dengan kebutuhan para remaja," kata Tom Alison, head of Facebook.

Sama seperti TikTok, Facebook berharap fokus barunya terhadap AI bakal menarik generasi muda, yaitu dengan menunjukkan konten yang mereka sukai, terutama seperti video Reels yang mirip TikTok. Zuck juga baru-baru ini membicarakan soal chat berbasis AI untui Messenger.

Dengan jumlah pengguna yang lebih dari sepertiga populasi dunia, mungkin umur Facebook masih sangat lama.

Namun Zuck mungkin sudah sadar kalau mereka harus bisa menarik pengguna dari kalangan generasi muda agar mereka bisa bertahan lebih lama.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)