Pendiri Apple Steve Wozniak Ingatkan Bahaya AI, Bikin Penipu Semakin Sulit Dikenali

Selasa, 09 Mei 2023 - 21:35 WIB
loading...
Pendiri Apple Steve Wozniak Ingatkan Bahaya AI, Bikin Penipu Semakin Sulit Dikenali
Steve Wozniak ikut menandatangani petisi agar perkembangan AI diperlambat. Foto: Getty Images
A A A
AMERIKA - Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak buka suara soal potensi bahaya AI . Terutama di masa mendatang. Menurut Wozniak, kecerdasan buatan bisa membuat para penipu dan penjahat semakin sulit untuk dikenali.

Woz , begitu ia biasa disapa, ini tak membantah bahwa AI membawa dampak yang positif. Namun dia mengingatkan, kecerdasan buatan yang tidak dikontrol dengan baik akan berdampak pada makin maraknya penipuan.

Dalam sesi wawancaranya dengan BBC, Wozniak juga menyebut pentingnya konten yang dilabeli AI serta regulasi yang jelas demi mencegah penjahat siber mengambil alih teknologi tersebut.

“AI sangat cerdas sehingga terbuka untuk pemain jahat yang ingin menipu Anda tentang siapa mereka,” kata Wozniak, dikutip dari PhoneArena, Selasa (9/5).

Woz khawatir kecerdasan buatan akan membuat penjahat siber tampak lebih meyakinkan saat mencoba menjalankan aksi penipuan. Hal ini dikarenakan chatbot AI seperti ChatGPT bisa membuat sebuah teks yang meyakinkan bagi orang awam.

Maka dari itu, Wozniak mengatakan bahwa orang yang membuat teks menggunakan AI, harus bertanggung jawab atas apapun yang dihasilkannya dari AI tersebut.

Dia menyarankan regulasi yang meminta pertanggung jawaban perusahaan teknologi besar. “Manusia benar-benar harus bertanggung jawab atas apa yang dihasilkan oleh AI,” ujar Woz.

Meski begitu, Wozniak tak yakin bakal ada regulator yang mampu mengawasi penggunaan kecerdasan buatan. Hal ini karena menurut Woz, kekuasaan bisa ditawar dengan uang.

Wozniak sendiri merupakan salah satu tokoh yang menandatangani surat terbuka perlambatan pengembangan AI beberapa bulan lalu.
Dia bersama tokoh teknologi lainnya khawatir dengan perkembangan AI yang begitu pesat tanpa memperhatikan keamanannya.

Hal senada juga sempat disebutkan oleh CEO Apple Tim Cook. Dia mengakui tertarik dengan AI, namun masih banyak aspek yang mesti dipertimbangkan sebelum perusahaan itu benar-benar terjun ke dalam industri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)