Google Siap Luncurkan Teknologi Kunci Sandi Baru, Penggunaan Password Tak Berlaku

Senin, 08 Mei 2023 - 22:47 WIB
loading...
Google Siap Luncurkan Teknologi Kunci Sandi Baru, Penggunaan Password Tak Berlaku
Google mulai meluncurkan teknologi kunci sandi baru yang memungkinkan miliaran pengguna masuk ke situs web dan aplikasi tanpa kata sandi atau password. Foto/Daily Mail/Goog;le
A A A
MENLO PARK - Google mulai meluncurkan teknologi kunci sandi baru yang memungkinkan miliaran pengguna masuk ke situs web dan aplikasi tanpa kata sandi atau password. Google akan menerapkan penggunaan sidik jari, pemindai wajah, atau PIN perangkat yang dapat memverifikasi identitas pengguna.

Para ahli mengatakan teknologi baru ini akan memungkinkan orang untuk mengakses dan menggunakan kredensial masuk tanpa kata sandi atau kunci sandi di berbagai perangkat. Langkah ini mencegah login ke akun di setiap perangkat, mengurangi risiko penggunaan kata sandi yang mudah ditebak, dan menciptakan sistem yang lebih aman.

Teknologi tersebut juga telah diluncurkan di Apple iOS16 dan rilis MacOS terbaru, sementara Microsoft telah menjalankannya melalui aplikasi Authenticator. Ebay, PayPal, dan Docusign juga sudah menggunakan kunci sandi, bersama dengan sejumlah bisnis lainnya.



Raksasa internet itu mengatakan, teknologi ini akan mencegah phishing, pertukaran SIM, dan metode lain untuk mendapatkan kata sandi atau melewati metode otentikasi yang ada. “Hari ini, kami telah mulai meluncurkan dukungan untuk kunci sandi di seluruh Akun Google di semua platform utama,” keterangan Google dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Senin (8/5/2023).

Raksasa teknologi itu mengatakan sistem baru itu juga memungkinkan orang untuk menggunakan otentikasi sidik jari atau pemindaian wajah pada ponsel cerdas mereka sebagai cara untuk masuk ke perangkat lain di sekitar. Terlepas dari sistem operasi atau browser mana yang mereka jalankan.

Ini adalah fitur yang sudah ada untuk perangkat Apple, di mana seseorang yang memakai Apple Watch dapat membuka kunci ponsel atau MacBook. Teknologi ini dibuat oleh badan industri FIDO (Fast Identity Online) Alliance dan World Wide Web Consortium, dengan Google, Apple dan Microsoft sebagai penggerak utamanya.
Google Siap Luncurkan Teknologi Kunci Sandi Baru, Penggunaan Password Tak Berlaku


Jenis teknologi baru untuk masuk ke layanan online ini diharapkan akan menggantikan penggunaan kata sandi. Hal ini mengurangi kebutuhan orang untuk mengingat berbagai kombinasi nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke berbagai layanan.



Jake Moore, Penasihat Keamanan Siber Global di ESET, mengatakan bahwa pembaruan ini masih membutuhkan waktu panjang untuk menyelesaikannya. Namun, pembaruan tahap awal ini setidaknya menunjukkan Microsoft, Google dan Apple berusaha membuka jalan untuk membuat akses akun menjadi aman dan nyaman.

“Ini bukan sesuatu yang dapat dicapai dalam semalam. Mengingat masih banyak yang harus dilakukan terkait dengan keamanan kata sandi orang-orang,” ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)