Google dan Apple Bangun Perangkat Baru Anti-Penguntitan Data

Rabu, 03 Mei 2023 - 19:01 WIB
loading...
Google dan Apple Bangun...
Google dan Apple. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Dua raksasa teknologi, yakni Google dan Apple sepakat bekerja sama membuat perangkat pelacakan, seperti Apple's AirTags dan Google Nest Locator Tag. Perangkat ini dinilai lebih aman digunakan di masa depan.

Mereka akan secara bersama-sama merancang perangkat nirkabel tersebut agar terbebas dari upaya penyalahgunaan, misalnya penguntitan yang tidak diinginkan, yang belakangan ini cukup marak terjadi.

Dihimpun dari Android Police, baik Google dan Apple telah menyusun spesifikasi industri yang akan mengingatkan pengguna jika ada aktivitas pelacakan dari orang lain yang tidak diinginkan.



"Perangkat pelacakan dengan teknologi terbaru ini dilaporkan akan memungkinkan pengguna untuk mendeteksi keberadaan pelacak yang tidak dikenal, dan mengirim peringatan di platform Android dan iOS," katanya, dikutip Rabu (3/5/2023).

Dikatakan, bahwa tujuan dari teknologi terbaru ini adalah untuk membangun langkah-langkah privasi yang ada dengan standar universal untuk mencegah pelacakan yang tidak diinginkan.

Selain itu, Google dan Apple juga menyebut, bahwa dengan kehadiran alat pelacakan yang lebih aman bisa mendorong produsen untuk membangun kemampuan pelacakan yang lebih aman.



Kedua perusahaan juga telah meminta masukan dari peserta industri lain dan kelompok advokasi. Hasilnya Samsung, Tile, Chipolo, eufy Security, dan Pebblebee telah menyatakan minatnya pada proyek tersebut.

Sistem alat pelacakan yang aman dari penguntitan disebut bakal hadir pada akhir tahun 2023. Setelah itu, tampaknya perlindungan ini bakal tiba untuk versi Android dan iOS yang akan datang.
(san)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)