7 Cara Mengatasi Memori HP Penuh di Android

Selasa, 02 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Memori HP Penuh di Android
Cara mengatasi memori HP p[enuh. FOTO/ TV
A A A
JAKARTA - Cara Mengatasi Memori Ponsel Penuh di Android , jangan khawatir jika Anda sering mendapat pemberitahuan bahwa memori ponsel Anda penuh karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja.



Pada artikel ini, kami akan memberikan tips mudah untuk mengatasi masalah memori ponsel penuh di Android.

1. Matikan Download Otomatis WhatsApp

Unduhan otomatis di WhatsApp bisa menjadi penyebab memori ponsel penuh. Jangan khawatir, Anda bisa mematikannya dengan mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, pilih ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu masuk ke Setelan > Penyimpanan dan data. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen di bagian Unduhan otomatis media. Lakukan hal yang sama pada Saat terhubung ke WiFi.

2. Bersihkan Media WhatsApp

Jika sebelumnya unduhan otomatis di WhatsApp aktif, Anda bisa menghapus file yang sudah didownload. Langsung saja buka Galeri HP untuk menghapus foto dan video, sedangkan audio dan dokumen bisa dihapus dari folder internal.

3. Hapus File yang Tak Digunakan
Meskipun sudah menghapus beragam foto dan video dari unduhan otomatis WhatsApp, mungkin masih ada beberapa file pribadi yang tak terpakai. Alternatifnya, Anda bisa menghapusnya atau memindahkannya ke laptop, PC, Google Drive, atau hard disk eksternal.

4. Gunakan MicroSD

Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah memori ponsel penuh di Android adalah dengan menggunakan memori eksternal. Beberapa ponsel memiliki keunggulan untuk menambah memori penyimpanan. Daya tampung dari ponsel saat ini juga terbilang cukup besar. Jadi, Anda bisa menambahkan memori eksternal untuk menyimpan file foto dan video.

5. Hapus Cache

Cache juga bisa memakan ruang penyimpanan internal ponsel. Jadi, pastikan untuk menghapusnya secara berkala. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan HP > Apps > pilih aplikasi yang ingin dihapus cache > Hapus Cache (bukan Hapus Data).

6. Hapus Aplikasi atau Game

Cara lain untuk mengatasi memori ponsel penuh di Android adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang tak digunakan lagi. Memori ponsel internal tak sebesar itu, sehingga Anda perlu memilih aplikasi dan game dengan bijak. Beberapa game online seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends memiliki ukuran download yang besar. Jadi, pertimbangkan untuk hanya menyimpan satu atau dua game saja di ponsel.

7. Jangan Simpan Terlalu Banyak Foto dan Video

Foto dan video bisa memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi, pastikan untuk menghapus file yang tak diperlukan. Jika ingin menyimpannya, simpanlah di cloud seperti Google Photos atau Dropbox.
Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah memori ponsel penuh di Android. Semoga bermanfaat!
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)