Apple Buka Toko Ritel Pertama di India, Bergaya Arsitektur Unik dan Futuristik

Jum'at, 21 April 2023 - 07:45 WIB
loading...
Apple Buka Toko Ritel Pertama di India, Bergaya Arsitektur Unik dan Futuristik
Apple membuka toko ritel pertamanya di India, terletak di Mumbai yang diberi nama Apple Bandra Kurla Complex (BKC). Foto/Apple/NewAtlas
A A A
NEW DELHI - Apple membuka toko ritel pertamanya di India , terletak di Mumbai yang diberi nama Apple Bandra Kurla Complex (BKC). Gedung Apple BKC memiliki arsitektur unik dan futuristik yang dibangun oleh Foster + Partners.

Bangunan Apple BKC menggabungkan bahan lokal dan bersumber secara berkelanjutan, serta menampilkan interior penuh cahaya. Tampilan gedung ini mengesankan dengan langit-langit kayu buatan tangan unik.

Dikutip dari laman NewAtlas, Jumat (21/4/2023), langit-langit dibuat dengan pola yang rumit terinspirasi oleh karya penenun rotan dan rotan Mumbai. Langit-langit terbuat dari kayu yang bersumber secara berkelanjutan dan membentuk pola segitiga.



Bangunan toko ini menampilkan eksterior ramping yang menyediakan lapisan kaca setinggi 8 meter untuk memaksimalkan cahaya alami sebagai penerang bagian dalam. Setiap ubin kayu terbuat dari 408 potong kayu, dengan total hampir 450.000 potong.

Elemen desain menarik lainnya termasuk dua dinding batu dan tangga stainless steel yang terhubung ke area mezzanine kantilever. Pilar batu dan tanaman hijau juga memecah interiornya. “Toko tersebut merupakan simbiosis dari pendekatan desain unik Apple dengan elemen yang dibuat dengan cermat dan bahan yang bersumber secara lokal,” kata Foster + Partners.

Tata letak interiornya mengikuti cetak biru yang mirip dengan Toko Apple lainnya dan berisi Forum yang menyelenggarakan ruang pembelajaran dan acara. Ada juga Genius Grove, tempat pelanggan bisa mendapatkan dukungan, dan sejumlah besar meja kayu untuk memajang berbagai produk Apple.
Apple Buka Toko Ritel Pertama di India, Bergaya Arsitektur Unik dan Futuristik


Bangunan ini telah menerima standar bangunan hijau LEED Platinum dan selain fokus pada cahaya alami. Bangunan ini juga mengurangi kebutuhan daya berbasis jaringan dengan rangkaian panel surya yang dipasang di bagian luar.



“Rasa kesinambungan antara ruang interior dan eksterior ditekankan oleh langit-langit kayu buatan tangan yang melampaui fasad kaca hingga bagian bawah kanopi eksterior,” tambah Foster + Partners.

Apple BKC secara resmi dibuka oleh Tim Cook pada 18 April 2023. Apple Store kedua di India, direncanakan segera dibuka di New Delhi dalam beberapa hari mendatang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9238 seconds (0.1#10.140)