Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan tapi Data Seluler Hidup, Mudah Banget!

Jum'at, 14 April 2023 - 13:18 WIB
loading...
Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan tapi Data Seluler Hidup, Mudah Banget!
Terdapat tujuh cara mengatasi tidak bisa internetan tapi data seluler hidup. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh cara mengatasi tidak bisa internetan tapi data seluler hidup. Tidak dapat mengakses internet di zaman sekarang ini menjadi suatu masalah yang harus cepat diselesaikan.

Karena itu bila koneksi internet tiba-tiba terputus padahal data seluler terlihat aktif akan membuat setiap orang bingung akan pemecahan masalahnya.

Kondisi matinya koneksi internet ini bisa disebabkan karena adanya error atau bug, virus, adanya gangguan operator, atau slot SIM bermasalah.


Cara Hidupkan Internet

Berikut ini tujuh cara yang dapat dilakukan ketika internet mati tetapi data seluler masih hidup.

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Aktifkanlah mode pesawat atau airplane mode untuk sementara waktu. Setelah beberapa menit, matikanlah kembali mode pesawat sehingga jaringan internet provider akan melakukan refresh dan mencari koneksi yang lebih baik.

2. Atur Ulang APN

Umumnya, ketika pengaturan diubah maka koneksi internet juga akan tereset. Cara setting ulang APN ini dapat dilakukan dengan langkah berikut :

- Pertema, buka "Setting" atau "pengaturan"
- Pilih "Kartu SIM & Jaringan Seluler"
- Pilih "Nama Titik Akses/ APN"
- Klik "Buat APN Baru"
- Masukkanlah APN yang sesuai dengan kartu SIM.

3. Melepas Kartu SIM

Cobalah untuk melepas sementara kartu SIM, kemudian pasang kembali. Biasanya setelah melakukan ini, maka data seluler pun sudah bisa kembali digunakan dengan normal.

Permasalahan utama yang terdapat pada kartu SIM biasanya berada di lempengan kuning. Bila lempeng tersebut tergores maka kartu SIM akan mulai bermasalah nantinya.


4. Membersihkan Cache

Dalam beberapa kasus, biasanya cache yang tersimpan dalam memori jadi penyebab errornya data seluler. Karena itu pengguna harus secara rutin membersihkan ponselnya dari cache atau file sampah.

5. Menelpon Operator

Ketika data internet tiba-tiba mati, maka bisa jadi masalah terdapat pada pihak provider penyedia layanan. Karena itu perlu menelpon call center operator yang digunakan supaya dapat diberi pencerahan terkait solusi masalah jaringan.

6. Reboot

Bila beberapa cara di atas masih gagal, maka cobalah untuk melakukan reboot pada smartphone sembari tetap mengaktifkan mode pesawat.

Setelah smartphone hidup kembali, matikanlah mode pesawat yang masih aktif. Meski sederhana, cara memperbaiki jaringan internet di smartphone satu ini sudah banyak digunakan dan banyak yang terbukti berhasil.

7. Alihkan Jaringan Manual

Jika cara reboot masih belum berhasil, cobalah untuk mengalihkan jaringan secara manual di smartphone seperti dari jaringan 4G LTE only ke jaringan 2G atau 3G untuk sementara waktu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4818 seconds (0.1#10.140)