Dua Minggu Jelang Lebaran, Transaksi Belanja Gunakan Paylater Naik Drastis

Rabu, 12 April 2023 - 11:13 WIB
loading...
Dua Minggu Jelang Lebaran, Transaksi Belanja Gunakan Paylater Naik Drastis
Paylater jadi pilihan masyarakat Indonesia saat belanja Lebaran karena dianggap tidak merusak cashflow. Foto: dok Kredivo
A A A
JAKARTA - Tren berbelanja Ramadan umumnya terus meningkat jelang Lebaran. Sebab, Ramadan tak hanya menjadi momentum untuk beribadah. Tpai juga tradisi bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan.

Wajar, jika kemudian penggunaan Paylater selama Ramadan tahun ini juga meningkat. Menurut catatan Kredivo, penggunaan Paylater oleh masyarakat tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14% selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibanding dua minggu sebelum Ramadan. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023.

VP, Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, tahun ini jadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah 3 tahun.

“Karena itu, kami optimis bahwa tren belanja masyarakat selama Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Mengapa Paylater Sangat Populer di Indonesia?

Selama Ramadan 2022 silam, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55%, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31% dibandingkan Ramadan 2021.

Menurut Indina, metode pembayaran alternatif seperti Paylater digemari karena menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi. “Sebab masyarakat dapat membeli segala kebutuhan Ramadan atau Lebaran sekarang dan bayar nanti dengan bunga terendah dengan tenor sampai 12 bulan,” bebernya.

Fleksibilitas yang ditawarkan itu, menurut Indina, membantu masyarakat untuk mengatur cash flow-nya. “Kami optimis bahwa hadirnya Paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat,” katanya.

Belanja Terpopuler Masyarakat dengan Paylater

Dari data Kredivo, ada beberapa kategori produk yang banyak digunakan masyarakat untuk berbelanja. Dari data pengguna Kredivo, berikut beberapa produk yang dibeli masyarakat lewat Paylater:

1. Kategori Home & Living

Di Ramadan tahun ini, masyarakat gemar belanja produk untuk mempercantik rumah, mencetak transaksi tertinggi selama dua minggu Ramadan 2023, dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

2. Kategori Gadget & Electronics

Tren transaksi di kategori gadget & electronics diprediksi terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang Lebaran. Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran.

Di dua minggu Ramadan 2023 ini, tren peningkatan transaksi tersebut juga semakin terlihat dengan jumlah transaksi kategori gadget & electronics yang meningkat hingga 14% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.


3. Kategori Travel

Masyarakat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perjalanannya dengan membeli tiket dan akomodasi untuk mudik. Hal ini terlihat dari lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat hingga minggu kedua Ramadan ini, telah terjadi kenaikan nilai transaksi sebesar 12% pada produk jika dibandingkan dengan dua minggu sebelumRamadan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)