9 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

Rabu, 12 April 2023 - 08:49 WIB
loading...
9 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android
Aplikasi force close di android adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan yang sering dialami saat menggunakan handphone android. Foto/Business Insider
A A A
JAKARTA - Aplikasi force close di android adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan yang sering dialami saat menggunakan handphone android. Biasanya tanpa ada penyebab yang jelas aplikasi tiba-tiba terhenti.

Ada beberapa cara untuk mengatasi aplikasi force close di android yang bisa dilakukan secara sederhana. Berikut 9 cara mengatasi aplikasi force close di android dikutip dari laman carlcare, Rabu (12/4/2023).

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Menutup aplikasi secara paksa lalu membukanya kembali adalah cara paling sederhana untuk mengatasi aplikasi force close di android. Untuk melakukannya, pergi ke Pengaturan -> Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dihentikan secara paksa, kemudian tekan ‘Hentikan Paksa’.



2. Menghidupkan Ulang Perangkat

Menghidupkan ulang perangkat akan mematikan dan memulai ulang proses yang dijalankan oleh sistem serta aplikasi lainnya. Selain itu, hal ini juga akan mengosongkan memori saat menghidupkan ulang perangkat.

Untuk memulai ulang perangkat android, tekan dan tahan tombol Daya hingga muncul pilihan Mulai Ulang atau Matikan lalu tekan Mulai Ulang.

3. Bersihkan Data Aplikasi

Untuk membersihkan data aplikasi, buka Pengaturan -> Aplikasi dan pilih aplikasi yang mengalami force close, lalu tekan 'Hapus data' atau 'Hapus penyimpanan'. Ini akan menghapus semua data yang tersimpan dalam aplikasi dan mengembalikannya ke versi awal.

4. Instal Ulang Aplikasi

Cobalah menginstal ulang aplikasi jika menghapus data aplikasi tidak berhasil. Hapus saja aplikasi tersebut dan unduh ulang dari Play Store.

5. Periksa Perizinan Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Di Android selanjutnya adalah pemberian izin. Hal ini memungkinkan fungsi aplikasi berjalan lebih lancar, tetapi juga memungkinkan aplikasi mengakses aspek sensitif ponsel Anda seperti fitur perangkat keras, penggunaan data, dan informasi pribadi. Berikan izin hanya kepada aplikasi yang terpercaya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7309 seconds (0.1#10.140)