Waspada! Inilah Ciri-ciri Scam di LinkedIn yang Perlu Diketahui

Jum'at, 17 Maret 2023 - 06:15 WIB
loading...
Waspada! Inilah Ciri-ciri Scam di LinkedIn yang Perlu Diketahui
Ciri-ciri scam di LinkedIn penting untuk dipahami agar tidak mudah terjerumus. Foto: dok ExpressVPN
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri scam di LinkedIn perlu dikenali dan diwaspadai oleh pengguna. Ini karena LinkedIn menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan orang-orang, termasuk para pencari kerja.

Aplikasi ini biasa digunakan untuk menemukan pekerjaan serta memperkuat hubungan profesional dengan pengguna lain. Namun, dari popularitas dan sekian manfaat yang dibawanya, platform ini juga menarik perhatian scammers yang biasa memunculkan penipuan.

Mengutip laman Reader’s Digest, terdapat sejumlah tindak penipuan yang paling umum terjadi di LinkedIn. Di antaranya adalah penawaran kerja palsu, penawaran dukungan teknis palsu, hingga phising.

Biasanya, seorang penipu melakukan scam di platform ini dengan membuat identitas palsu atau menyamar sebagai orang atau perusahaan tertentu.

Adapun tujuannya beragam, salah satunya adalah untuk mencuri keuntungan bagi dirinya sendiri. Berikut sejumlah ciri-ciri scam di LinkedIn yang perlu diketahui:

Akun Baru yang Mencurigakan

Pengguna disarankan untuk berhati-hati terhadap penawaran dari akun LinkedIn yang baru berumur kurang dari sebulan. Biasanya, akun baru tersebut digunakan khusus untuk menipu orang.

Siklusnya pun tetap sama, ketika korbannya tertipu, maka akun penipu ini akan dihapus dan beralih menjadi akun baru lagi.

Kesalahan Tata Bahasa dan Penggunaan Foto Profil Palsu

Cukup banyak penipu di LinkedIn yang berbasis di luar negeri, sehingga umumnya mereka menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, Anda perlu waspada dengan penawaran kerja dengan menggunakan bahasa yang terkesan non-formal atau bahasa gaul.

Kemudian, penipu biasanya juga menggunakan foto profil palsu pada akunnya. Maka dari itu, sekali lagi Anda harus memperhatikan dengan benar apakah akun tersebut asli atau tidaknya.

Meminta Sejumlah Uang atau Informasi Keuangan

Salah satu tujuan dari scammer adalah untuk meraup uang dari korbannya. Maka berhati-hatilah apabila menjumpai penawaran kerja yang mengharuskan Anda untuk memberikan sejumlah uang terlebih dahulu.
Tak hanya uang, biasanya scammer menggunakan modus dengan meminta informasi terkait detail perbankan milik Anda, nomor rekening, dan lain sejenisnya.


Selain ketiga ciri-ciri di atas, LinkedIn melalui laman resminya juga menyampaikan beberapa peringatan terkait pesan yang berpotensi sebagai scam. Berikut di antaranya:

1. Penawaran yang tampaknya terlalu bagus dan tidak masuk akal.

2. Pesan yang banyak mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa.

3. Pesan yang tidak ditujukan kepada Anda secara pribadi.

4. Pesan yang menanyakan informasi pribadi ataukeuanganAnda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8183 seconds (0.1#10.140)