Cara Menghindari Kejahatan Scam yang Terbukti Ampuh

Kamis, 16 Maret 2023 - 14:46 WIB
loading...
Cara Menghindari Kejahatan Scam yang Terbukti Ampuh
Kejahatan scam bisa mengintai siapa saja, karena itu penting untuk tahu cara menghindarinya. Foto: dok Kaiser Health News
A A A
JAKARTA - Cara menghindari Kejahatan Scam perlu diketahui oleh semua orang. Hal ini menjadi penting karena bentuk kejahatan ini dapat mengintai siapa saja.

Scam merupakan salah satu jenis cyber crime yang bisa mengambil uang atau sesuai yang berharga dari orang lain dengan cara menipu, berbohong dan semacamnya.

Media yang digunakannya pun beragam mulai dari email, website dan masih banyak lagi.

Orang yang melakukan tindakan ini biasa disebut scammer. Mereka bisa melakukannya sendirian atau bahkan melalui organisasi yang tersebar di berbagai negara.

Meski kejahatan itu tampak menyeramkan, terdapat cara ampuh untuk menghindari kejahatan scam. Berikut beberapa cara menghindari kejahatan scam yang terbilang ampuh:

1. Tidak Menyebarkan Data Pribadi

Data pribadi sangat penting. Wajar jika banyak orang yang ingin mencurinya untuk disalahgunakan. Oleh karena itu, ketika memberikan data pribadi kepada orang lain, pastikan pihak tersebut terpercaya dan tak akan menyebarkan tanpa seizin Anda.

2. Jangan Asal Klik Link

Pada dasarnya sering kali Scammer melakukan kejahatannya melalui email dengan berpura-pura sebagai orang penting dan memasukan link dan menyuruh Anda untuk mengkliknya.

Oleh karena itu, apabila Anda menerima sebuah email yang berisi tentang perintah tersebut sebaiknya menghubungi pihak asli yang terkait dan mengkonfirmasinya terlebih dahulu.

3. Pahami URL Website

Sebelum mengunjungi sebuah website, pastikan URL atau alamat yang dikunjungi menuju halaman yang benar sebelum memasukan apapun di dalamnya. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menyimpan bookmark URL aslinya, sehingga tinggal klik saja ketika hendak digunakan.

4. Pastikan website mempunyai tanda pengaman

Tak cukup jika memperhatikan URL websitenya saja, pastikan juga website yang dikunjungi terdapat pengaman gembok. Gembok ini menunjukan bahwa website tersebut aman dari pihak scammer yang akan mencuri data Anda.

Dengan menggunakan website yang aman, Anda bisa mengisis data pribadi dengan tenang. Biasanya, website yang menggunakan gembok berawalan dengan https://.

5. Tidak Membagikan OTP

One-time password atau kode OTP merupakan sebuah kode yang sistem dikirimkan ke Anda saat akan melakukan transaksi online. Misalnya saat menggunakan e-banking, login ke website tertentu, dan semacamnya.


6. Sering Mengubah Password

Untuk menjaga keamanan data pribadi maka diusahakan melakukan perubahan password selama tiga atau enam bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan kepada akun-akun penting seperti mobile banking atau media sosial.

7. Selalu Update Informasi Terbaru Tentang Scam

Cara menghindari kejahatan scam yang terakhir yakni dengan mengetahui informasi terbaru tentang kejahatan scam. Informasi ini menjadi penting lantaran para scammer selalu berubah-ubah dalam cara aksinya maupun metodeyangdigunakan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)