6 Hal Tentang GPT-4 Milik OpenAI yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 15 Maret 2023 - 21:43 WIB
loading...
6 Hal Tentang GPT-4 Milik OpenAI yang Perlu Anda Ketahui
GPT-4 adalah model multimodal yang dapat menerima input gambar dan teks serta menghasilkan output teks. Foto: dok OpenAI
A A A
JAKARTA - Pemilik ChatGPT , Open AI, baru saja meluncurkan model AI terbarunya GPT-4 , menggantikan GPT-3.5 yang sudah ada. Klaim OpenAI, GPT-4 memiliki kemampuan yang jauh lebih superior, diibaratkan seperti manusia jenius.

Nah, berikut adalah fakta tentang GPT-4 yang perlu Anda ketahui;

1. Kemampuan

Kemampuan GPT-4 diklaim jauh lebih baik dari GPT-3.5. Terutama dalam hal keandalan, hingga kreativitas.

OpenAI menguji model GPT-4 pada berbagai tolok ukur, termasuk ujian simulasi yang dirancang untuk manusia. Klaim mereka, GPT-4 mengungguli model bahasa yang ada.

Bahkan, selain bahasa Inggris, tetap berfungsi dengan baik di bahasa-bahasa seperti Latvia, Welsh, dan Swahili.

2. Input Visual

GPT-4 bisa menerima perintah dalam bentuk teks ataupun gambar. Bahkan bisa memberikan jawaban dari kata kunci yang tidak hanya teks, tapi juga gambar. Meski, kemampuan kueri menggunakan gambar ini masih dalam uji coba.

3. Mudah Diarahkan

Di GPT-4, OpenAI memberikan kebebasan kepada developer untuk “mengarahkan” kemampuan AI, sehingga bisa memberikan jawaban dengan gaya tertentu. Jadi, hasil jawabannya nanti bisa lebih personal.

4. Batasan

GPT-4 masih tetap tidak sempurna, dan memiliki banyak keterbatasan seperti GPT sebelumnya. Salah satu yang fatal adalah soal “halusinasi” dalam memberikan fakta. Atau, kesalahan argumen, dan lainnya. Karena itu, harus digunakan dengan hati-hati.

5. Hanya Sampai September 2021

GPT-4 tetap tidak tahu informasi setelah September 2021, karena itu jawaban yang diberikan berpotensi salah atau tidak update. Meski, OpenAI mengklaim bahwa GPT-4 82 persen lebih mungkin memberikan jawaban yang benar dibandingkan GPT sebelumnya.

Baca Juga: OpenAI Resmi Luncurkan ChatGPT-4, Diklaim Setara dengan Manusia Superjenius

6. Ketersediaan

Microsoft mengklaim bahwa mesin pencarian Bing saat ini sudah menggunakan GPT-4. GPT-4 juga bisa digunakan dengan cara berlanggananChatGPTPlus.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)