OpenAI Resmi Luncurkan ChatGPT-4, Diklaim Setara dengan Manusia Superjenius

Rabu, 15 Maret 2023 - 08:00 WIB
loading...
OpenAI Resmi Luncurkan ChatGPT-4, Diklaim Setara dengan Manusia Superjenius
OpenAI merilis ChatGPT-4 yang jauh lebih pintar dari model sebelumnya. Foto/Gizchina.
A A A
JAKARTA - Masih kesal dengan ChatGPT versi 3.5 yang kerap memberikan data yang salah? Masih pusing dengan jawaban-jawaban ChatGPT versi 3.5 yang masih menggunakan sumber informasi lawas saat dibutuhkan?

OpenAI, pembuat ChatGPT, ternyata tidak tinggal diam. Kini mereka menghadirkan sistem terbaru yakni ChatGPT-4 yang diklaim memiliki kemampuan setara dengan manusia superjenius.

Pasalnya untuk mendapatkan kemampuan itu OpenAI menggunakan secara khusus superkomputer milik Microsoft yakni Azure AI. Komputer tersebut dibuat untuk membuat sebuah sistem kecerdasan buatan yang berguna untuk riset dan pengembangan data.

"Mengikuti jalur penelitian dari GPT, GPT-2, dan GPT-3, di GPT-4 kami memanfaatkan pendekatan pembelajaran mendalam dengan menggunakan lebih banyak data dan komputasi. Tujuannya membuat model bahasa yang semakin canggih dan mumpuni," tulis OpenAI di situs resmi ChatGPT.



OpenAI Resmi Luncurkan ChatGPT-4, Diklaim Setara dengan Manusia Superjenius


Klaim itu memang bukan isapan jempol belaka. OpenAI justru sudah mencoba ChatGPT-4 di berbagai ujian kecerdasan yang ada seperti Uniform Bar Exam, LSAT, SAT Evidence-Based Reading & Writing, SAT Math, Graduate Record Examination Quantitative, dan sebagainya.

Hasilnya Chat GPT-4 melampaui capaian yang dilaraih oleh Chat GPT-3.5. Bahkan menurut OpenAI, Chat GPT-4 bisa mengalahkan 90 peserta manusia di ujian yang sama.

Mereka juga mengaku telah melakukan perbaikan pada kekurangan yang ada di ChatGPT-3.5. Misalnya jawaban-jawaban yang kurang faktual karena masih menggunakan data lama. Kini basis data semakin diperbesar hingga membuat ChatGPT-4 jauh lebih mendalam dibanding sebelumnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9837 seconds (0.1#10.140)