4 AI Ini Bisa Coding, Bikin Kerja Developer Lebih Mudah

Rabu, 08 Maret 2023 - 22:07 WIB
loading...
4 AI Ini Bisa Coding, Bikin Kerja Developer Lebih Mudah
AI yang bisa coding belajar dari triliunan kode di internet, nantinya akan mempermudah kinerja developer. Foto: dok Pixabay
A A A
JAKARTA - Teknologi AI membantu menangani kode sehingga manusia bisa memikirkan hal ian lain yang lebih sulit dan penting.

AI atau kecerdasan buatan kini dapat dimanfaatkan untuk coding. Sebab, kemajuan teknologi AI dalam beberapa tahun terakhir ini sangat cepat.

Kecerdasan buatan memang sengaja diciptakan untuk membantu kegiatan manusia. Dan AI dalam dunia pemograman diprediksi dalam beberapa tahun ke depan dapat menggantikan manusia karena kegiatan coding yang dilakukan dianggap lebih akurat.

Meski coding yang dihasilkan AI masih belum sempurna, namun ada kemungkinan untuk lebih dikembangkan lagi di masa depan. Bahkan, bisa saja AI melakukan coding lebih baik daripada manusia. Dilansir dari Marktechpost, berikut beberapa AI yang dapat melakukan coding:

1. OpenAI Codex

GitHub Copilot, platform dari GiftHub bisa menghasilkan kode di Neovim, VS Code, JeBrains, bahkan di cloud dengan GiftHube Codespaces. Mesinnya memakai Open AI Codex model berbasis GP-3.

AI tersebut disebut mampu menulis kode dalam 12 bahasa berbeda, termasuk BASH, JavaScript, Go, Perl, PHP, Ruby, Swift, dan TypeScript. Algoritmanya sengaja dilatih menggunakan triliunan baris kode yang dapat diakses oleh publik.

2. Cogram

Cogram merupakan startup dari Y-Combinator Berlin yang membuat kode untuk ilmuwan data dan pemrogram Python menggunakan Jupiter Notebooks dan kueri SQL. Kueri dalam bahasa Inggris dapat ditulis oleh ilmuwan data dan diubah oleh alat menjadi kueri SQL canggih dengan gabungan atau pengelompokan. Cogram bisa digunakan di MySQL, SQ Lite, PostgreSQL, dan Amazon Redshift.


3. AIXcoder

Salah satu AI cerdas yang menggunakan pembelajaran mendalam dan dilatih menggunakan jutaan baris kode sumber terbuka. AIXcoder bahkan memiliki versi offline yang bisa digunakan apabila ingin mengamankan kode di komputer.

4. Ponicode

Ponicode bisa mengembangkan kode lebih cepat sambil tetap mempertahankan tingkat kualitas tertinggi dengan jumlah pekerjaan paling sedikit.

Setelah satu menit diinstal, pengguna sudah bisa memulai proses pembuatan aplikasi yang tentu akan lebih mudah dari sebelumnya. AI ini bisa digunakan gratis dengan bahasa pemrograman Java, Python, JavaScript,danTypeScript.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)