Paket Data Tetap Hemat saat Gunakan WhatsApp, Lakukan 6 Langkah Ini!

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:19 WIB
loading...
Paket Data Tetap Hemat saat Gunakan WhatsApp, Lakukan 6 Langkah Ini!
Tips untuk menghemat paket data saat memakai WhatsApp penting untuk dipahami. Foto: dok Reuters
A A A
JAKARTA - Banyak yang tidak menyadari seberapa borosnya aplikasi WhatsApp yang digunakan sehari-hari. Betapa tidak, ada puluhan hingga ratusan video yang terkirim di berbagai grup WhatsApp, yang semuanya diunduh di HP.

Wajar jika aplikasi WhatsApp bagi sebagian orang menjadi aplikasi yang paling boros data. Nah, sebenarnya ada cara agar paket data nggak mudah habis karena WhatsApp saat menggunakan mobile data.

WhatsApp sendiri memiliki beberapa cara yang membuat konsumen bisa langsung memantau penggunaan data di aplikasi milik Meta tersebut.

Caranya, hanya perlu masuk ke Settings > Storage and Data > Network Usage. Nah, setelah itu, lakukan langkah-langkah ini untuk menghemat data di WhatsApp:

1. Gunakan koneksi Wi-Fi

Gunakan koneksi Wi-Fi jika memungkinkan, terutama jika Anda ingin mengirim atau menerima file media besar seperti foto, video, atau dokumen.

2. Batasi penggunaan grup

Jika Anda tergabung dalam banyak grup di WhatsApp, pastikan untuk membatasi notifikasi dan pesan dari grup yang tidak terlalu penting atau kurang relevan untuk Anda.

3. Matikan unduhan otomatis

Ini penting sekali: matikan unduhan otomatis untuk foto, video, dan dokumen jika tidak diperlukan. Hal ini dapat menghemat penggunaan data internet dan memperpanjang umur baterai ponsel.

4. Gunakan fitur kompresi WhatsApp

WhatsApp menyediakan fitur kompresi otomatis untuk mengurangi ukuran file yang dikirim. Pastikan fitur ini diaktifkan untuk menghemat penggunaan data internet.

5. Gunakan pesan teks

Gunakan pesan teks sebagai pengganti panggilan suara atau video call, terutama jika tidak terlalu penting atau mendesak. Hal ini dapat menghemat penggunaan data internet yang lebih besar.


6. Gunakan aplikasi penghemat data

Gunakan aplikasi penghemat data yang dapat membantu mengurangi penggunaan data internet secara keseluruhan, terutama ketika Anda berada di luar jangkauan koneksi Wi-Fi.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat menghemat penggunaan data internet saat menggunakan aplikasi WhatsApp. Juga, mengurangi pengeluaran untuk paket data internetbulananAnda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7154 seconds (0.1#10.140)