Jaringan Internet Berbasis Laser Tawarkan Akses Kencang dan Murah Buat Indonesia

Minggu, 19 Februari 2023 - 15:11 WIB
loading...
Jaringan Internet Berbasis Laser Tawarkan Akses Kencang dan Murah Buat Indonesia
Transcelestial yakin internet berbasis laser jadi solusi akses internet cepat dan terjangkau. Foto/Tech Crunch.
A A A
JAKARTA - Provider sambungan internet dari Singapura, Transcelestial berupaya mewujudkan akses internet yang lebih kencang dan murah. Cara yang dilakukan justru sangat berbeda dengan yang ada saat ini.

Perusahaan yang ada di negeri jiran itu akan membangun jaringan khusus berbasis laser yang dihadirkan melalui sebuah kotak khusus seukuran kotak sepatu. Kotak khusus itu nantinya akan mengirimkan laser ke satu sama lain hingga bisa menciptakan jaringan yang sama seperti jaringan serat karbon.

Saat ini disebutkan Tech Crunch, Transcelential telah berhasil mengumpulkan dana tambahan sebesar USD10 juta atau setara Rp151 miliar untuk masuk ke pasar Indonesia, India, FIlipina, Malaysia, dan Amerika Serikat. Target ke depannya mereka ingin bisa menyevarjab serat optik nirkabelnya di orbit bumi sehingga bisa digunakan lebih luas lagi.

Rohit Jha, CEO Transcelestial mengatakan bahwa konektivitas internet adalah hak asasi manusia. Meningkatkan konektivitas internet justru akan membantu manusia dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.



Jaringan Internet Berbasis Laser Tawarkan Akses Kencang dan Murah Buat Indonesia


Keduanya mengatakan infrastruktur internet saat ini adalah alasan utama begitu banyak orang kekurangan akses internet yang dapat diandalkan. Kabel bawah laut, misalnya, mahal untuk dibangun dan hanya menghubungkan dua titik.

Di sisi lain jaringan jarak jauh terestrial memberikan cakupan yang baik bagi kota-kota utama tetapi menganak tirikan kota-kota yang lebih kecil. Hasilnya distribusi jarak menengah dan jarak jauh seringkali mahal dan mengalami masalah hak jalan.

Menurutnya jaringan internet berbasis laser yang dikembangkan Transcelestial menghilangkan semua kerugian tersebut. Misalnya tidak menggunakan kabel bawah tanah yang mahal perawatan dan pemasangannya. Transcelestial juga tidak membutuhkan perangkat berbasis frekuensi radio, dengan spektrum peraturan lisensi yang rumit.



Rohit Jha mengatakan mengatakan Transcelestial menawarkan opsi biaya per bit yang jauh lebih rendah. Perangkat khusus yang ukurannya sebesar kotak sepatu, yang disebut CENTAURI, kini telah digunakan di pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Dia juga meyakini teknologi laser Transcelestial dapat menghadirkan konektivitas 5G. Itu mereka buktika saat melakukan demonstrasi di University of Technology Sydney.

Sementara salah satu pemodal Transcelestial, In-Q-Tel melihat potensi sangat besar yang ditawarkan oleh perusahaan rintisan Singapura itu. Clayton WIlliam, Direktur Pelaksana In-Q-Tel mengatakan Transcelestial memberikan akses internet yang sangat baik dengan harga yang terjangkau.

“Platform komunikasi laser Transcelestial CENTAURI adalah solusi terbaik di kelasnya untuk komunikasi terestrial berbiaya rendah dan lebar pita tinggi. Kami sangat senang membantu memperluas kemampuan ini untuk komunikasi titik-ke-titik yang aman dari mana pun di bumi,” jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)