9 Ciri WhatsApp Disadap, Waspada!

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:53 WIB
loading...
9 Ciri WhatsApp Disadap, Waspada!
Terdapat sejumlah ciri WhatsApp disadap yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah ciri WhatsApp disadap yang bisa diketahui. Penyadapan WhatsApp memang bukan kasus yang baru, namun banyak orang yang belum mengetahui ciri bahwa akun miliknya sedang disadap.

Populernya WhatsApp di tengah masyarakat membuatnya berpotensi untuk disadap atau dibajak oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Tujuan para pelaku penyadapan biasanya untuk memperoleh informasi penting seperti isi kontak, aktivitas komunikasi, hingga data-data tertentu yang terdapat dalam aplikasi.

Baca juga : Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan

Untuk itu sebagai pemilik akun, perlu waspada dan mengetahui bagaimana ciri WhatsApp tengah disadap oleh seseorang.

Berikut sembilan ciri WhatsApp disadap :

1. Bisa Mengirim Pesan Sendiri

Terdapat pesan terkirim padahal pengguna tidak mengirimkan apapun adalah ciri yang paling terlihat ketika WhatsApp disadap.

2. Tiba Tiba Akun Keluar Sendiri

Karena WhatsApp merupakan aplikasi yang tidak dapat digunakan pada dua perangkat secara bersamaan. Maka apabila terdapat nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, nantinya salah satu akun akan keluar dengan sendirinya.

Biasanya akan ada notifikasi yang memberitahukan bahwa nomor telepon pengguna tidak lagi terdaftar dan harus melakukan verifikasi nomor untuk masuk kembali.

Bila ada notifikasi tersebut, jangan klik "oke". Sebaliknya, lakukan verifikasi agar akun whatsapp tak berpindah ke ponsel lain.

3. Baterai Cepat Habis

Mungkin ciri satu ini akan sulit untuk diketahui bagi yang tidak teliti. Ketika WhatsApp disadap maka aplikasi yang berjalan di latar belakang akan semakin banyak dan dengan cepat menguras baterai.

Selain itu, biasanya HP juga akan sering panas meski dalam kondisi layar terkunci dan tidak sedang digunakan.

4. Terlihat Online Meski Sedang Tidak Aktif

Umumnya status online hanya akan muncul ketika pengguna sedang mengoperasikan aplikasinya. Karena itu ciri ini hanya dapat diketahui melalui akun WhatsApp orang lain.

Baca juga : Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap, Ikuti Langkah-langkah Ini!

5. Pesan Terbaca meski Belum Dibaca

Munculnya centang dua berwarna biru menandakan pesan yang terkirim telah dibaca. Bila notifikasi itu muncul padahal pengguna belum membaca pesan tersebut, menandakan bahwa akun WhatsApp telah disalin ke aplikasi kloning.

Tanda ini juga hanya dapat diketahui melalui akun pengguna WhatsApp lain.

6. Smartphone Sering Bereaksi Sendiri

Bila WhatsApp tengah disadap, HP biasanya akan mengeluarkan suara atau bergetar tanpa adanya pemberitahuan masuk.

7. WhatsApp Suka Error

Biasanya sebuah aplikasi akan melambat atau suka error ketika penggunaan RAM telah melebihi kapasitas.

Namun bila telah melakukan pengecekan RAM dan belum melebihi kapasitas, maka tanda ini perlu diwaspadai. Karena kemungkinan besar terdapat oknum yang sedang menyadap akun WhatsApp.

8. WhatsApp Terlihat Aktif di Perangkat yang Tidak Dikenal

Peretas dapat membobol WhatsApp dengan mengaktifkan WA Web di perangkat lain. Hal ini bisa diketahui dengan mengecek perangkat mana saja yang mengakses akun lewat WhatsApp Web.

Cara mengeceknya adalah dengan klik tiga titik di pojok kanan atas, kemudian buka WhatsApp Web, lalu periksa daftar seluruh sesi terbuka.

9. Terdapat Kiriman Kode OTP

Apabila WhatsApp keluar secara tiba-tiba dan pengguna akan mendapatkan kiriman kode OTP, maka disarankan untuk tidak menyerahkan kode itu kepada siapapun.

Bila menyerahkan kode tersebut, maka secara tidak langsung pengguna telah memberikan akses akun WhatsApp kepada penyadap. Lewat kode OTP, penyadap bisa dengan mudah masuk ke akun hingga meraup data yang ada di akun tersebut.

Bila terdapat beberapa ciri ini maka cepat cepatlah melakukan tindakan pencegahan seperti, nonaktifkan akun, instal ulang, mengaktifkan verifikasi dua faktor, atau mengaktifkan peminda sidik jari.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)