Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan

Jum'at, 10 September 2021 - 06:00 WIB
loading...
Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan
Cara mengetahui WhastApp disadap perlu diketahui agar tidak ada orang yang tidak berkepentingan mengintip WhatsApp Anda termasuk melakukan kejahatan. Foto/IST
A A A
JAKARTA -
Cara mengetahui WhatsApp disadap ini harus diperhatikan semua pengguna agar tidak was-was saat menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya saat ini banyak kejahatan bermula dari penyadapan nomor WhatsApp.

Tindak kejahatan penyadapan WhatsApp memang bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk kalangan selebritas seperti yang pernah dialami oleh Melaney Ricardo beberapa waktu lalu. Presenter terkenal itu kaget bukan kepalang ketika tiba-tiba aplikasi WhatsApp ponsel pintar miliknya tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Hal itu terjadi karena sebelum aplikasi WhatsApp tertutup, Melaney Ricardo melakukan komunikasi via WhatsApp dengan pelaku penyadapan. Saat itu modus yang dilakukan pelaku penyadapan adalah berpura-pura sebagai penjaga minimarket yang salah mengirimkan kode atau nomor PIN ke pemilik nomor WhatsApp. Setelah kode atau nomor PIN terkirim WhatsApp Melaney Ricardo otomatis langsung tersadap dan berpindah tangan.

"Kayak 3 detik tiba-tiba langsung WhatsApp saya ketutup, karena automatically pasti ini orang si pelaku mengambil pin itu dan masuk ke nomor saya,” kenang Melaney Ricardo melalui akun YouTube miliknya.

Tertutupnya aplikasi WhatsApp secara tiba-tiba memang jadi salah satu cara mengetahui WhatsApp telah tersadap. Selain itu ada beberapa cara lain yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui apakah nomor WhatsApp Anda tersadap atau tidak, berikut caranya;

1. Tak Bisa Digunakan untuk Telepon

Jika Anda tak bisa menelepon via WhatsApp bisa saja WhatsApp Anda terkena sadap oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

2. Baterai Handphone Cepat Habis

Jika baterai handphone cepat habis namun kondisi handphone masih prima, ada kemungkinan WhatsApp Anda terkena sadap. Meskipun begitu, poin kedua ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Pasalnya, bisa saja baterai cepat habis lantaran penggunaan aplikasi yang terus bekerja di smartphone milik Anda.

3. Kirim Pesan Sendiri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)