Edukasi MotionPay: Ketahui 3 Sumber Air untuk Kebutuhan Manusia

Senin, 06 Februari 2023 - 14:17 WIB
loading...
Edukasi MotionPay: Ketahui 3 Sumber Air untuk Kebutuhan Manusia
Air memiliki peran penting untuk menjaga keberlangsungan makhluk hidup di Bumi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Air memiliki peran penting untuk menjaga keberlangsungan makhluk hidup di Bumi. Selain berfungsi sebagai cairan tubuh, air juga bermanfaat untuk mendukung berbagai aktivitas manusia, seperti untuk mandi, masak, transportasi, produksi, pembangkit listrik, dan sebagainya. Oleh karena itu, manusia perlu senantiasa menjaga dan melestarikan sumber-sumber air.

Managing Director Motion Technology Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, “Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi segala makhluk hidup, termasuk manusia. Sekitar sepertiga tubuh manusia terdiri dari air, sehingga air menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat terpisahkan dari manusia. Yuk kenali dan jaga bersama sumber-sumber air yang terdapat di sekitar Anda agar keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya dapat terjaga.”

Berikut ini adalah 3 sumber air yang terdapat di Bumi, antara lain:

1. Air Permukaan
Air permukaan merupakan air yang mengalir di atas permukaan bumi karena tidak terserap ke dalam tanah sehingga membentuk genangan. Genangan air yang mengalir dari tempat lebih tinggi (hulu) ke tempat lebih rendah (hilir) disebut air sungai. Air yang mengalir ke permukaan tanah cekung berskala besar dan memiliki aliran keluar dinamakan danau, sedangkan pada tanah cekung berskala kecil dan tidak memiliki aliran keluar dinamankan telaga/rawa. Sumber air lainnya yaitu air laut yang merupakan penyumbang air terbesar dengan luas sepertiga bumi.



2. Air Angkasa
Air angkasa yaitu air yang berasal dari hawa/suasana yang jatuh ke atas permukaan bumi, dikenal dengan air hujan. Air hujan terbentuk dari hasil penguapan air permukaan oleh matahari dan mengalami kondensasi menjadi titik-titik air, kemudian jatuh kembali ke bumi. Air angkasa yang terbentuk pada temperatur lebih rendah dan menghasilkan es bertekstur halus dinamakan salju, sedangkan pada proses kondensasi dengan suhu yang lebih dingin lagi, akan membentuk butiran es yang dikenal dengan hujan es.

3. Air Tanah
Air tanah adalah air permukaan yang terserap ke dalam tanah, kemudian tersaring oleh tanah, pasir, dan batu-batuan lalu tersimpan menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam. Air tanah dangkal tersimpan dengan kedalaman 9-15 meter dari permukaan tanah dimana dapat dimanfaatkan oleh manusia, contohnya air sumur. Air tanah dalam atau disebut Artersis dapat ditemukan dengan kedalaman 30-80 meter dari permukaan tanah, contohnya sumur Artesis.

Dari mana pun sumber airnya, manusia perlu senantiasa menjaga kelestarian air sebagai salah satu unsur penting dalam kehidupan makhluk hidup. Agar penyaluran air ke rumah Anda tetap lancar, Anda dapat membayar tagihan PDAM secara rutin melalui aplikasi MotionPay. Yuk download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay .



MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)