3 Modus Penipuan yang Lagi Ramai di WhatsApp, dari Mengirim Alamat Link hingga Undangan Palsu

Minggu, 05 Februari 2023 - 10:19 WIB
loading...
3 Modus Penipuan yang Lagi Ramai di WhatsApp, dari Mengirim Alamat Link hingga Undangan Palsu
Modus penipuan WhatsApp kini kembali marak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Modus penipuan WhatsApp kini kembali marak. Para pengguna tentunya perlu waspada supaya tidak menjadi korban.

WhatsApp kini telah menjadi sosial media paling populer. Untuk itu banyak oknum yang memanfaatkan pengiriman pesan untuk berbuat kejahatan.

Umumnya para pelaku akan mengirimkan alamat link atau tautan yang bila hal tersebut dibuka oleh pengguna WhatsApp, maka informasi penting milik korban dapat dicuri dengan mudahnya.

Baca juga : Jenis Modus Penipuan WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Terbaru Pura-pura Jadi Kurir

Berikut tiga modus penipuan yang lagi ramai di WhatsApp :

1. Modus Penipuan link

Para penipu biasanya menyertakan link tertentu sebagai modusnya. Biasanya mereka akan menambahkan embel embel menarik seperti promo atau akan mendapat hadiah supaya calon korban mau untuk klik link tersebut.

Berhati hatilah bila mendapat informasi ini, karena bisa jadi link tersebut merupakan link phising.

Tujuan link phising ini ialah untuk mendapatkan data dan informasi sensitif, seperti rekening bank atau username dan password.

Untuk mengetahui link tersebut berbahaya atau tidak dapat dilihat dari domainnya. Bila menggunakan blog gratis dan berakhiran ".tk" maka kemungkinan besar link tersebut adalah phising.

Baca juga : Ciri Ciri WhatsApp Diblokir dan Cara Memblokir Kontak WhatsApp Orang Lain

2. Modus Kurir Paket

Selanjutnya adalah penipuan whatsapp berkedok kurir paket. Biasanya para penipu akan mengirimkan file berformat APK bertuliskan foto paket.

Hal tersebut perlu dicurigai karena seorang kurir paket umumnya mengirim foto biasa tanpa format APK. Modus ini biasa digunakan untuk mencuri kode OTP yang biasanya dikirim melalui SMS.

Dengan mengetahui kode OTP, oknum kriminal ini dapat membobol akses pengguna m-banking dan menguras seluruh harta korbannya.

3. Modus Undangan Palsu

Modus penipuan whatsapp yang terakhir ini menjadi yang paling marak baru baru ini. Sama halnya dengan kurir palsu, para penipu dalam modus ini juga akan memberikan pesan berbentuk APK.

Biasanya mereka akan memberikan informasi bahwa pesan tersebut merupakan undangan pernikahan sehingga kesempatan korban membuka tautan tersebut akan semakin besar.

Setelah terpancing maka kode OTP milik korban akan dicuri. Karena itu setiap pengguna whatsapp harus waspada terhadap pesan orang orang yang tidak dikenal.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)