2 Wanita yang Tersesat di Hutan Berhasil Diselamatkan dengan Fitur SOS iPhone

Senin, 30 Januari 2023 - 19:37 WIB
loading...
2 Wanita yang Tersesat di Hutan Berhasil Diselamatkan dengan Fitur SOS iPhone
Fitur SOS iPhone 14 selamatkan 2 orang wanita tersesat. FOTO/ THE VERGE
A A A
Fitur bernama Apple Emergency SOS menyelamatkan nyawa dua orang wanita yang tersesat di hutan belantara di dekat McBride, Kanada.



Menurut sebuah laporan dari TimesPost, ada kemungkinan merupakan penggunaan pertama dari SOS melalui satelit di British Columbia (BC), Kanada.

Laporan tersebut mengklaim, bahwa dua orang wanita tersesat dalam perjalanan mereka kembali ke Alberta pada 23 Desember 2022 lalu. Salah satu dari mereka memiliki iPhone 14 dan menggunakan fitur SOS darurat yang tersedia.

Lantas bagaimana fitur SOS Darurat Apple melalui satelit membantu dua wanita tersebut? Pada awalnya, kedua wanita itu memeriksa Google Maps untuk mencari rute alternatif ketika ada sebuah kecelakaan yang menutup jalan raya.

Kemudian, para wanita itu memutuskan untuk mengambil jalan memutar melalui Holmes Forest Service Road. Jalan tersebut sebagian dibajak sejak minggu lalu kemudian dua wanita tersebut tersesat.

Seorang manajer tim Pencarian dan Penyelamatan BC, Dwight Yochim, menjelaskan bahwa setelah mencapai titik itu, mereka menghadapi 'Dinding Salju' dan pasangan tersebut terjebak ketika mereka mencoba melewatinya.

Yochim pun menyebutkan, bahwa para wanita berada hampir 20 kilometer jauhnya, dan tidak memiliki layanan seluler. Dua orang wanita itu terjebak di salju, tanpa ada yang tahu di mana mereka berada.

Yochim menjelaskan, setelah pengguna iPhone mengaktifkan SOS, dia mengirimkan pesan ke call center Apple, yang kemudian menghubungi Nothern 911 yang merupakan call center di Kanada.

Nothern 911 kemudian mengaktifkan panggilan ke layanan darurat di British Columbia, dan memberi mereka sejumlah informasi, termasuk lokasi GPS dua wanita tersebut.

Pencarian dan penyelamatan dilakukan dengan menggunakan lokasi GPS yang membantu tim menyusun strategi dan memahami kemungkinan apa yang terjadi.

Lokasi GPS pun membantu mereka untuk berspekulasi bagaimana dua wanita tersebut bisa pergi ke jalur pembalakan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0075 seconds (0.1#10.140)