Penyebab dan Cara Memperbaiki Face ID iPhone X

Senin, 30 Januari 2023 - 12:27 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Memperbaiki Face ID iPhone X
Penyebab kerusakan dan cara memperbaiki Face ID di iPhone penting untuk dipahami. Foto: dok Apple
A A A
JAKARTA - Penyebab kerusakan dan cara memperbaiki Face ID di iPhone penting untuk diketahui.

Face ID adalah sistem pengenalan wajah yang digunakan pada perangkat iPhone dan iPad untuk mengkonfirmasi identitas dan membuka perangkat.

Face ID menggunakan teknologi pemindai wajah 3D untuk memindai wajah pengguna dan membandingkannya dengan data wajah yang disimpan dalam perangkat untuk memverifikasi identitas.

Teknologi itu digunakan di perangkat seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan Pro Max keatas.

Sayangnya, masalah seperti Face ID iPhone rusak masih sering dialami sebagian pengguna. Beberapa penyebab Face ID iPhone rusak:

1. Kotoran atau debu pada sensor
2. Kerusakan fisik pada kamera depan
3. Update software yang tidak stabil
4. Baterai lemah

Untungnya, kerusakan pada Face ID bukanlah kerusakan fatal. Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat face ID iPhone bisa berfungsi kembali seperti sedia kala:

1. Memeriksa pembaruan
Perbarui iPhone atau iPad ke iOS atau iPadOS versi terbaru. Kemudian, pastikan model iPhone atau iPad Anda mendukung Face ID.

2. Memeriksa pengaturan Face ID
Penyebab dan Cara Memperbaiki Face ID iPhone X

Untuk memeriksa pengaturan Face ID, buka Pengaturan, lalu ketuk Face ID & Kode Sandi. Pastikan Face ID telah diatur dan fitur yang ingin Anda gunakan dengan Face ID telah dinyalakan.

iPhone menampilkan layar di Pengaturan > Face ID & Kode Sandi.

3. Memastikan tidak ada yang menutupi kamera TrueDepth
Singkirkan apa pun yang mungkin menutupi kamera TrueDepth, seperti kotoran, casing, atau pelindung layar.

Jika Anda menggunakan iPad dengan orientasi lanskap, pastikan jari atau telapak tangan tidak menutupi kamera TrueDepth. Jika kamera terhalang, mungkin akan muncul peringatan di bagian atas layar yang mengatakan "Kamera tertutup" dengan panah yang menunjuk ke kamera TrueDepth.

4. Memastikan wajah tidak terhalang
Pastikan mata, hidung, dan mulut terlihat sepenuhnya pada kamera TrueDepth. Secara default, Face ID tidak akan berfungsi apabila ada sesuatu yang menutupi mulut dan hidung Anda.

Jika Anda mengenakan masker dan telah mengatur Face ID dengan masker, pastikan mata tidak terhalang.

5. Memastikan menghadap ke kamera TrueDepth
Face ID dapat digunakan dengan orientasi potret dan lanskap di semua model iPhone 13 dan 14 yang menjalankan iOS 16. Untuk model yang lebih lama, Face ID hanya dapat digunakan di iPhone dengan orientasi potret dan Anda menghadap ke kamera TrueDepth. Pada iPad, Anda dapat menggunakan Face ID saat iPad berada di orientasi apa pun.

Kamera TrueDepth memiliki jangkauan pandang yang serupa seperti saat Anda selfie atau melakukan panggilan FaceTime. Baik saat iPhone atau iPad diletakkan di permukaan maupun saat Anda memegangnya dalam posisi natural, pastikan iPhone atau iPad berjarak sepanjang lengan atau lebih dekat (10-20 inci) dari wajah Anda.

6. Memulai ulang perangkat
Mulai ulang iPhone atau iPad, lalu masukkan kode sandi. Setelah itu, coba gunakan Face ID kembali.



7. Mengatur ulang Face ID
Jika masih perlu bantuan, atur ulang Face ID, lalu atur lagi. Buka Pengaturan, ketuk Face ID & Kode Sandi, lalu ketuk Atur Ulang Face ID. Selanjutnya, ketuk Atur Face ID untuk mengaturnya lagi.

8. Mendapatkan servis
Jika Anda masih tidak dapat mendaftarkan wajah, hubungiDukunganApple.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)