8 Prediksi Tren Teknologi di 2023, Ada AI, 5G, hingga IoT

Senin, 23 Januari 2023 - 06:28 WIB
loading...
8 Prediksi Tren Teknologi di 2023, Ada AI, 5G, hingga IoT
Prediksi tren teknologi di 2023 masih meliputi perkembangan di tahun sebelumnya, misalnya 5G hingga IoT. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Tahun ini akan banyak sekali tren baru di dunia teknologi. Memang, tidak semuanya benar-benar baru. Tapi, melanjutkan yang sudah ada di tahun lalu.

Di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas setidaknya ada sejumlah hal yang bisa dirangkum terkait perkembangan teknologi di 2023. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Peningkatan penggunaan teknologi AI
Teknologi AI akan terus berkembang dan digunakan dalam berbagai bidang seperti perdagangan, manufaktur, kesehatan, transportasi, dan banyak lagi. Saat ini masyarakat semakin terbuka dalam menggunakan ChatGPT, MidJourney, Stable Diffusion, hingga Dall-E.

2. Penggunaan IoT
Internet of Things (IoT) akan terus berkembang dan digunakan dalam berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, dan pemantauan kesehatan. Ini bisa dilihat dari pekrembangan perangkat smartphone yang semakin jamak. Saat ini koneksi internet/Wi-Fi sudah dilakukan sejak pengguna masuk pintu, lewat kamera CCTV, dan lainnya.

3. Realitas Virtual dan Augmented
8 Prediksi Tren Teknologi di 2023, Ada AI, 5G, hingga IoT

Realitas virtual dan augmented agaknya akan jadi salah satu fokus pengembangan teknologi di 2023. Masuk ke bidang seperti hiburan, pendidikan, dan pelatihan. Sayangnya, memang Apple menunda untuk merilis perangkat AR mereka tahun ini.

4. Adopsi 5G
8 Prediksi Tren Teknologi di 2023, Ada AI, 5G, hingga IoT

Gembar-gembor 5G tahun ini mungkin tidak semasif tahun-tahun sebelumnya. Tapi, justru adopsi jaringan 5G bakal terus berkembang lebih luas. 5G akan menyediakan koneksi internet lebih cepat dan stabil untuk perangkat mobile dan IoT.

5. Teknologi Blockchain
Teknologi blockchain akan terus berkembang dan digunakan dalam berbagai bidang seperti keuangan, supply chain management, dan pembuatan kontrak.

6. Teknologi Quantum
Teknologi kuantum digunakan dalam bidang seperti komputasi, kriptografi, dan analisis data. Teknologi kuantum menggunakan sistem komputasi yang berbasis pada prinsip teori kuantum, yaitu prinsip perilaku teori dan material pada tingkat atom dan subatom yang berbeda.

BACA JUGA: Rekomendasi HP 5G Terbaik Januari 2023

7. Robotik
Robotik akan terus berkembang dan digunakan dalam bidang seperti manufaktur, logistik, dan perawatan kesehatan. Bahkan, di tahun ini fungsi robotik akan semakin meluas dan menyentuh berbagai pekerjaan yang sebelumnya mustahil.

8. Teknologi Analisis Data
Penggunaan teknologi analisis data akan terus berkembang dan digunakan dalam bidang seperti bisnis, pemerintahan,dankesehatan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1657 seconds (11.210#12.26)