Bos Intel Sebut Chipset Semikonduktor Akan Lebih Penting dari Minyak

Jum'at, 20 Januari 2023 - 02:39 WIB
loading...
Bos Intel Sebut Chipset Semikonduktor Akan Lebih Penting dari Minyak
Semikonduktor akan masuk ke dalam daftar signifikan pengaruh politik global layaknya minyak, tanah, dan agama. FOTO/ DAILY
A A A
TEXAS - Bos Intel, Pat Gelsinger baru-baru ini mengatakan chipset semikonduktor akan menjadi lebih penting dariminyak untuk lima dekade mendatang.

BACA JUGA - HPM Angkat Suara Soal Kelangkaan Chip Semikonduktor

Semikonduktor menurutnya akan masuk ke dalam daftar signifikan pengaruh politik global layaknya minyak, tanah, dan agama.

Seperti diolah dari TechSpot, Kamis (19/1/2023), dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Gelsinger mencatat bahwa lokasi cadangan minyak telah menentukan geopolitik selama 50 tahun terakhir.

Tetapi akan ada faktor yang lebih penting selama setengah abad ke depan yakni rantai pasokan semikonduktor.

Untuk itu, selain mendirikan fasilitasnya yang besar di Oregon, New Mexico, dan juga memperluas pabrik lainnya di Arizona, Intel juga saat ini tengah membangun fasilitas baru di Ohio sambil memperluas operasi internasionalnya di sejumlah negara, termasuk Israel, Irlandia, Malaysia, Jerman, dan Italia.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka turut menginvestasikan USD20 miliar atau setara Rp302 triliun di dua pabrik di Amerika Serikat dan hingga USD90 miliar atau Rp1,3 kuadriliun di pabrik-pabrik Eropa yang baru untuk bukan hanya menguntungkan Intel tapi juga globalisasi sumber daya paling penting bagi masa depan dunia.

"Kami membutuhkan rantai pasokan yang seimbang dan tangguh secara geografis ini," kata Gelsinger.

Untuk diketahui, kekurangan semikonduktor akibat pandemi berdampak pada hampir setiap produk dengan chip di dalamnya, termasuk kendaraan.

Ini menyebabkan Amerika Serikat harus meloloskan USD280 miliar atau Rp4,2 kuadriliun pada Chips and Science Act, di mana USD52 miliar di antaranya akan digunakan untuk subsidi bagi pembuat chip.

"Jika kita telah belajar satu hal dari krisis Covid dan perjalanan bertahun-tahun yang telah kita lalui, kita membutuhkan ketahanan dalam rantai pasokan kita," lanjut Gelsinger.

CEO Intel itu mengatakan perusahaannya dan yang lainnya sekarang sedang menunggu dana dari CHIPS Act untuk dicairkan pada tahun ini. "Saya sedang berinvestasi, tolong tunjukkan uangnya. Karena kami berasumsi mereka akan membantu kami melakukan investasi besar-besaran ini,", pungkasnya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2601 seconds (10.55#12.26)