YouTuber Bisa Mendapat Cuan lewat YouTube Shorts Mulai 1 Februari 2023

Rabu, 11 Januari 2023 - 14:00 WIB
YouTuber kini bisa mendapatkan pendapatan baru melalui fitur YouTube Shorts. Foto: ist
JAKARTA - Kabar baik bagi para YouTuber yang selama ini aktif membuat YouTube Shorts. Sebab, mulai 1 Februari 2023 mendatang, mereka sudah bisa memonetisasi fitur video Shorts.

Saat ini YouTube sudah memberikan persyaratan baru untuk para pembuat konten di Program Mitra YouTube mereka.

Perubahan terbesar pada Program Partner YouTube yang baru adalah ini: kreator bisa mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di Feed Shorts. YouTuber bisa mendaftar ke program ini jika telah memenuhi syarat untuk Shorts: yakni memiliki 1.000 subscriber dan 10 juta penayangan Shorts selama 90 hari.

Sebagai bagian dari persyaratan baru, kreator harus menyetujui modul monetisasi tertentu. Modul pertama disebut “Monetisasi Monetisasi Laman Tontonan”, memungkinkan pembuat konten memperoleh uang dari iklan yang ditayangkan di video berdurasi panjang dan YouTube Premium.

Modul berikutnya disebut "Modul Monetisasi Shorts", memungkinkan YouTuber menghasilkan uang dari iklan yang diputar di antara Shorts di Feed Shorts dan YouTube Premium.



Modul terakhir disebut “Adendum Produk Commerce”, fitur ini seperti Channel Membership dan Supers.

YouTube menyarankan agar konten kreator menyetujui semua modul agar bisa mendapatkan cuan maksimal.

Kreator yang membuat Shorts dan telah menerima Modul Monetisasi Shorts baru akan memenuhi syarat untuk bagi hasil iklan Shorts pada tampilan Shorts mereka mulai bulan depan.

Tapi, bagaimana bagi hasil cuan dari Shorts? Nah, ini sedikit rumit karena adanya lisensi musik. Setiap bulan, pendapatan iklan yang muncul di antara Shorts akan dijumlahkan dan digunakan untuk memberi cuan kepada pembuat Shorts yang melakukan monetisasi dan menutupi biaya lisensi musik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More