10 Tips Beli HP Bekas, Agar Terhindar dari Barang Zonk!

Jum'at, 16 September 2022 - 17:26 WIB
Ada beberapa cara untuk menilai penjual terpercaya atau tidak. Misalnya, dengan melihat barang yang dijual, jumlah transaksi di lapaknya, reputasi atau kategori penjual, juga komentar rata-rata yang di dapatkan. Ini adalah cara pertama untuk membentengi diri dari penipuan.

4. COD Lebih Baik

Membeli HP seken di marketplace sekarang sudah umum. Tapi, jika belum percaya, tidak ada salahnya untuk meminta transaksi Cash on Delivery (COD). Dengan bertemu langsung, Anda bisa bertanya-tanya dan mengecek plus minus barang yang dijual.

5. Baca Deskripsi!

Pastikan selalu membaca secara detail deskripsi barang yang dijual. Tanyakan soal garansi, tipe, plus minus, dan lainnya. Bertanya juga menjadi cara untuk mengecek kecepatan respon penjual, kesabaran penjual, dan lainnya.

6. Videokan Proses Unboxing

Jika membeli di marketplace, pastikan selalu memvideokan proses unboxing. Jika ada masalah, Anda memiliki pegangan untuk melakukan protes atau klaim ganti rugi ke penjual.

7. Jangan Percaya Harga Murah

Jangan percaya penjual yang menawarkan harga terlalu murah. Barang curian seringkali dijual dengan harga sangat murah. Jika smartphone yang dibeli harganya sangat murah, tanyakan kenapa bisa semurah itu. Cek juga nomor IMEI smartphone untuk mengecek keabsahannya.

8. Cek Detail Kondisinya
Halaman :