Qlue Dorong Masyarakat Jadi Cepu Digital, Laporkan Pengguna Narkoba lewat Aplikasi

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:22 WIB
Penggunaan aplikasi pelaporan QlueApp membantu masyarakat dalam mendorong gerakan pemberantasan narkoba. Foto: ist
JAKARTA - Dari sekadar ekosistem smart city, startup Qlue kini punya banyak layanan baru. Salah satunya, aplikasi pelaporan narkoba. Aplikasi pelaporan Jakarta Smart City pernah sangat populer saat digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sekarang, bersama Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya dan Yayasan Bakti Pertiwi Negeri (YBPN), Qlue membuat aplikasi pelaporan baru. Bedanya, untuk melaporkan pengguna narkoba.

Bisa dibilang, Qlue mendorong masyarakat menjadi “cepu” atau informan polisi. Cepu sendiri bertugas untuk membocorkan rahasia tertentu yang berguna untuk penyelidikan. ”Solusi cerdas berbasis menjadi salah satu strategi yang dinilai cukup efektif dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba,” ungkap President Qlue Maya Arvini.

Qlue sebenarnya sudah mendukung pemberantasan narkoba dengan berkolaborasi bersama Kepolisian Resor Jakarta Selatan sejak 2017 silam. ”Pelaporan berbasis aplikasi ini memberikan ruang kepada pihak berwenang untuk lebih responsif dalam bertindak. Selain itu, masyarakat yang melaporkan juga terjamin rahasia dan identitasnya sehingga tidak perlu takut untuk melapor,” ujar Maya.

Menurutnya, Qlue bersama Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan YBPN menargetkan laporan mengenai penyalahgunaan narkoba meningkat lebih dari 200% pada tahun 2023. ”Sehingga dapat mendukung program Indonesia Bersinar (Indonesia Bersih dari Narkoba),” ujar Maya.



Wujud komitmen pencegahan atas penyalahgunaan narkoba tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Qlue yang diwakili oleh Maya Arvini selaku President Qlue dan YBPN yang diwakili oleh Femmy Ferdinandus sebagai Ketua.

Aplikasi Qlue dapat diunduh secara gratis melalui Appstore atau Playstore. Sebelum berpartisipasi dalam melakukan pelaporan, pengguna diharuskan untuk membuat akun di QlueApp terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan demi mencegah adanya laporan yang bersifat palsu atau tidak bertanggung jawab. Pengguna juga dapat memilih opsi laporan Private atau Post as Anonymous agar kerahasiaan identitas pelapor dapat lebih terjaga. Selain itu, pengguna juga dapat melihat status perkembangan dan mendapatkan notifikasi dari setiap laporan yang telah dibuat.

Menurut Kepala Bagian Pengawasan Penyidikan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Apollo Sinambela, pencegahan dalam penyalahgunaan narkotika diperlukan peran aktif semua pihak dan tidak hanya mengandalkan pihak kepolisian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More