10 Negara dengan Penipuan Online Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 01 Agustus 2022 - 09:06 WIB
Negara dengan penipuan online terbanyak penting untuk diketahui. Foto: ist
JAKARTA - Negara dengan penipuan online terbanyak penting diketahui. Sebab, Indonesia juga termasuk di dalamnya. Scam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan skema penipuan lewat internet. Semakin berkembangnya teknologi, kejahatan scam juga meningkat.

Scammer (sebutan untuk pelaku scam) bisa bekerja sendirian maupun berkelompok. Modusnya beragam, mulai phishing, penipuan donasi, catfishing , penipuan berhadiah, dan lainnya. Nah, berikut adalah 10 negara dengan penipuan online terbanyak:

1. Pakistan

Modus penipuan yang marak di Pakistan adalah menyamar sebagai otoritas militer. Mereka mengelabuhi korban di situs kencan online hingga media sosial. Lalu, menggunakan segala cara agar korban mentransfer uangnya.

2. Brazil



Brazil mendapat sebutan sebagai “ibu kota scam dunia”. Banyak penipu yang menyamar sebagai wanita cantik dan menguras rekening korbannya. Saat Olimpiade 2016, turis di Brazil mengeluh dengan banyaknya pencopet. Ternyata, di dunia online kejahatan justru lebih parah.

3. Afrika Selatan

Scammers di Afrika Selatan mengincar nasabah bank. Menurut Pusat Kejahatan Siber Universitas Johannesburg, pada 2015 kasus penipuan yang melibatkan nasabah bank sangat tinggi. Bentuknya, lewat SMS, hingga website palsu.

4. Romania
Halaman :