Rahasia Membuat Video Cinematic di Samsung Galaxy S22 Ultra

Selasa, 05 April 2022 - 07:40 WIB
Samsung Galaxy S22 Ultra dibekali beragam fitur kamera yang mumpuni untuk membuat video cinematic. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Banyak content creator yang menginginkan kualitas ”video cinematic” untuk diunggah di YouTube, Instagram, maupun TikTok. Kalau bisa, hal itu dicapai lewat smartphone. Tapi, bisakah hal tersebut dilakukan?

Definisi video cinematic sebenarnya sederhana. Cinematic berasal dari kata cinema atau film. Maka, video cinematic artinya video tersebut memiliki kualitas seperti film layar lebar. Ini terkait visual, koreografi, editing, pencahayaan, hingga sound atau tata suaranya.

Bisakah smartphone digunakan untuk membuat video cinematic? Jawabnya bisa. Samsung sudah melakukannya bertahun-tahun lalu lewat kegiatan Galaxy Movie Studio (GMS). Di GMS, Samsung menantang para sineas muda untuk membuat film menggunakan Galaxy seri S. Tahun, tentu saja Galaxy S22 Ultra.

Membuat Video Cinematic





Ada beberapa fondasi yang harus dipenuhi untuk membuat video cinematic lewat smartphone. Tepatnya, ada 4 unsur penting. Pertama, adalah frame rate. Idealnya, video cinematic memakai penyetelan 24 frame per detik (FPS). Sebaliknya, untuk slow motion menggunakan 60 fps atau lebih tinggi.

Kedua, kemampuan smartphone merekam dalam high resolution (4K). Ini penting karena bisa menambah detail yang dibutuhkan di video cinematic. Ketiga, stabilisasi. Bentuk smartphone yang ringkas justru membuat syuting dengan perangkat tersebut lebih menantang.

Maka, fitur optical image stabilization (OIS) jadi penting untuk menghasilkan gambar yang stabil. Terakhir adalah kualitas gambar. Nah, ini tergantung dari lensa, chipset, serta sensor yang digunakan di sebuah smartphone.

Fitur Video Cinematic di Galaxy S22 Ultra
Halaman :