Negara-Negara yang Memblokir YouTube, Wah Banyak Juga Ya!

Senin, 24 Januari 2022 - 09:54 WIB
Negara yang memblokir YouTube ternyata cukup banyak, dan umumnya mereka memiliki alasannya sendiri. Foto: CNN
JAKARTA - Negara yang memblokir YouTube ternyata cukup banyak. Faktanya, memang tidak semua negara di dunia memiliki akses sama dalam menggunakan platform berbagi video tersebut.

Ada banyak alasan yang dijadikan tameng pemangku kebijakan di negara-negara ini untuk menutup akses terhadap platform YouTube .

Nah, berikut adalah daftar negara yang memblokir akses terhadap YouTube:



1. Tajikistan

YouTube dilarang di Tajikistan sejak 2012. Alasannya, pada saat itu marak sekali video protes yang dilayangkan untuk melawan kekerasan yang terjadi di Tajikistan. Pada 2013, hal serupa terjadi lagi karena video presiden Tajikistan yang menyebar secara luas di YouTube. Kebijakan pemblokiran tersebut masih terjadi bahkan hingga saat ini.

2. Pakistan

Pemerintah Pakistan memblokir YouTube karena isu SARA yang begitu sensitif di negara tersebut. Salah satunya karena tersebarnya video “The Innocence of Muslim” sehingga menyebabkan gangguan stabilitas negara.

3. China

Kebijakan Pemerintah Cina yang kontroversial ini dikenal dengan “Great Firewall of China”. China tidak memiliki akses apapun terhadap situs layanan video YouTube. Termasuk juga Facebook, Google, dan Twitter. Sebagai gantinya, ada berbagai perusahaan lokal yang memiliki layanan serupa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More