Masyarakat Liburan ke Luar Kota, XL Prediksi Trafik Data Nataru Naik 10%

Selasa, 21 Desember 2021 - 21:15 WIB
Jaringan XL Axiata diklaim sudah siap menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Foto: dok XL Axiata
JAKARTA - XL Axiata memprediksi ada lonjakan trafik selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru sebesar 5%-10% dibanding kondisi normal hari biasa.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pada liburan akhir tahun ini diperkirakan akan cukup banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan ke luar kota, terutama ke destinasi wisata di berbagai daerah.



”Sehingga kami perkirakan akan terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi pada jaringan XL Axiata,” ujar Gede. Ia juga memperkirakan akses ke layanan video streaming akan meningkat seiring naiknya tren berbagi dokumentasi video.

Ini sedikit berbeda dibandingkan dua tahun sebelumnya. ”Pada dua tahun terakhir, trafik data hanya meningkat sekitar 3% karena adanya larangan/pembatasan mobilitas masyarakat terkait pencegahan penyebaran pandemi Covid-19,” ujar Gede.



Antisipasi Bencana Alam



Tim XL Axiata telah menyiapkan jaringan berkapasitas 2x lipat dari hari normal. Mereka sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan lonjakan trafik. Terutama yang berada di jalur utama mudik. Seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Gede menyebut pihaknya juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More