Ada 101 Aplikasi Mencurigakan yang Siap Menjebol Keamanan Ponsel Anda

Rabu, 22 April 2020 - 09:38 WIB
Ada 101 aplikasi yang dicurigai memiliki niat kejahatan siber dibalik permintaan izin mengakses ponsel di luar fungsinya. Foto/Ist
JAKARTA - Ponsel, tablet, dan perangkat komputer apa pun rentan terhadap serangan siber jika kita tidak berhati-hati. Salah satu cara mudah penyerang siber masuk ke perangkat adalah melalui aplikasi yang kita instal atau unduh.

Sebuah penelitian terbaru oleh tim peneliti CyberNews mengungkap jaringan aneh para penyerang dunia maya. Grup rahasia ini memiliki setidaknya 27 pengembang aplikasi dengan 101 aplikasi yang mereka produksi.

Melansir CyberNrews, situs berita Giz China melaporkan, aplikasi mencurigakan tersebut hingga saat ini memiliki lebih dari 68 juta pemasangan. Jaringan aneh itu tampaknya saling menyalin aplikasi satu sama lain dan sebagian besar aplikasi mereka identik dengan yang populer. Menurut tim peneliti, ada banyak hal tentang jaringan ini yang aneh.

Alasan aplikasi ini tidak boleh ada di ponsel Anda:

- Aplikasi membutuhkan sejumlah besar izin



- Semua pengembang di jaringan memiliki Kebijakan Privasi yang sama -itu diterbitkan di Google Documents

- Situs web terkait untuk semua aplikasi memiliki "situs web" Firebase yang serupa dan tidak lengkap. Mereka semua memiliki struktur URL yang sama

- Dalam jaringan aneh (berbahaya) ini, APK adalah duplikat yang jelas

- Beberapa APK jelas dicuri dari pengembang aplikasi lain yang lebih populer
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More