Developer MNC Innovation Center Gunakan Flutter untuk Bangun Aneka Aplikasi Unggulan MNC Group

Minggu, 25 April 2021 - 23:28 WIB
MNC Innovation Center sebagai pusat pengembangan dan inovasi digital MNC Group telah menghasilkan sejumlah produk hasil riset yang dibangun dengan Flutter melalui Departemen Mobile Development. Foto: Sindonews/Intan R
BANDUNG - Dua developer MNC Innovation Center , Mendhy Syiasko dan Ari Fajrianda Alfi, berbagi ilmu dan pengalaman mereka membangun aplikasi di iOS dan Android menggunakan Flutter kepada para mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).

Flutter adalah teknologi milik Google yang membantu developer membangun aplikasi mobile, web maupun desktop hanya dengan basis kode tunggal. Tampilan user interface-nya pun sangat menarik dan keren.



Mendhy Syiasko yang menjabat Tech Lead Mobile Developer MNC Innovation Center memaparkan presentasi teknis sedangkan Ari Fajrianda Alfi yang menjadi Mobile App Developer MNC Innovation Center lebih banyak memberikan tutorial mengoperasikan Flutter.





Dalam workshop virtual yang diikuti lebih dari 100 peserta yang tergabung dalam Google Developer Student Clubs (DSC) ITB pada Sabtu (24/4) tersebut, Mendhy Syiasko mengulas berbagai keunggulan Flutter dan sejumlah perusahaan besar yang menggunakannya termasuk MNC Group.

Dia juga mengenalkan fitur terbaru pada versi stable release Flutter 2.0.0. Mendhy memaparkan, MNC Innovation Center sebagai pusat pengembangan dan inovasi digital MNC Group telah menghasilkan sejumlah produk hasil riset yang dibangun dengan Flutter melalui Departemen Mobile Development.

“MNC Innovation Center misalnya telah menghasilkan aplikasi keuangan seperti Motion, Spin dan Hario; aplikasi semua portal berita MNC Media serta Super App untuk teks, video dan audio yakni RCTI+,” ujar Mendhy.

Dengan Flutter , lanjut dia, Mobile Dev Innovation Center juga sedang mengembangkan aplikasi untuk video/audio creator. User dapat menambahkan filter pada video, memotong, menyambung video/audio dan kemampuan editing lainnya. Pihaknya juga sedang mengembangkan aplikasi untuk dapat mengenali customer yang akan sangat bermanfaat untuk aneka produk keuangan milik MNC Group.

Sementara itu, Ari Fajrianda Alfi memberikan tutorial live coding membuat aplikasi portal berita menggunakan Flutter kepada para peserta. “Mulai membuat tampilan aplikasi, mengintegrasikan data dari server menggunakan library bernama DIO, mempercantik UX aplikasi dengan menambah proses loading saat aplikasi sedang mengunduh data hingga akhirnya menampilkan detil berita di dalam webview screen,” jelas Ari.



Para peserta sangat antusias mengikuti sesi ini. Banyak yang bertanya kenapa MNC memilih Flutter dalam pengembangan produknya. Di antara mereka pun ada yang menanyakan apakah bisa bergabung dengan tim Flutter di MNC baik sebagai profesional, internship maupun join research.
(dan)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More