Tips Berbelanja Online Agar Tidak Tertipu Penjual Nakal

Jum'at, 27 November 2020 - 23:29 WIB
Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar konsumen lebih nyaman berbelanja di e-commerce. Meski memiliki sistem aman, risiko tertipu tetap ada.
JAKARTA - Semakin tinggi transaksi online, semakin besar pula risiko yang dihadapi pembeli saat berbelanja. Terutama bagi mereka yang belum pernah, atau baru beberapa kali mencoba berbelanja online.

Nah, agar nyaman saat berbelanja online, payment gateway asal Indonesia iPaymu memberikan sejumlah langkah dan cara agar saat berbelanja konsumen tidak menemui hal-hal yang tidak diinginkan.

iPaymu sendiri sangat berpengalaman di dunia pembayaran online. Awal tahun ini bahkan mereka merilis platform Link Pembayaran yang memungkinkan pengguna Facebook Marketplace bisa bertransaksi menggunakan sistem peer-to-peer, seperti bank transfer, COD, QRIS, dan Convinience Store.

Nah, berikut adalah tips aman berbelanja online menurut iPaymu:

1. Cari tahu reputasi penjual



Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace. Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli. Lihat berapa transaksi yang sudah dilakukan oleh penjual. Lihat juga bagaimana si penjual menjawab pertanyaan dari pembeli.

2. Cek ulasan produk

Setelah memastikan penjual bisa dipercaya, cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu. Semakin banyak yang mengulas, semakin baik.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More