Ups, Video Vivo V20 Maudy Ayunda Ketahuan Gunakan Lagu Dream Girl Tanpa Izin

Senin, 28 September 2020 - 10:55 WIB


Lagu Dream Girl sudah pernah digunakan juga secara legal dipariwara new Apple iPad Pro di awal 2020. BahkanApple juga menulissecara lengkap judul lagu Dream Girl serta penyanyi Anna of the North dideskripsi video yang sudah ditonton 29,1 juta kali itu.

Meski termasuk pendatang baru, Anna of the North bukan penyanyi sembarangan. Penyanyi/penulis lagu kelahiran 8 Juni 1989 itu cukup populer lewat ciri khas musik elektro pop yang lembut.

Bahkan, ia sudah merilis dua album. Album debutnya, Lovers, dirilis pada 2017. Sedangkan album kedua Dream Girl diluncurkan pada Oktober 2019.

Yang menarik, lagu Dream Girl sudah pernah digunakan sebagai jingle Apple iPad Pro pada 2020. Karenanya, sangat mudah dikenali dengan intro dan reff yang catchy itu.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana merek smartphone sebesar Vivo yang mengklaim sebagai vendor ponsel no 1 di Indonesia (riset pasar International Data Corporation/IDC) sampai kecolongan seperti ini?

Sindonews sudah mencoba menghubungi Vivo Indonesia sejak kemarin. Namun, hingga berita ini diturunkan, pihak Vivo Indonesia belum juga memberikan pernyataan resmi.

Pengamat musik/personal manager Seringai Wendi Putranto menduga, agensi iklan yang membuat pariwara tersebut mungkin belum ngurus lisensi atau belum selesai mengurus ke publisher terkait lisensi musik “synchronization rights”.

Hak sinkronisasi musik atau yang disebut “sync”, adalah hak ijin penggunaan lagu yang sudah disetujui oleh pemilik dari lagu/penyanyi untuk melakukan sinkronisasi musik dengan media visual seperti film, tayangan TV, iklan, video gim, trailer film, dan lainnya.

”Tidak mungkin mereka (Vivo Indonesia) tidak paham tentang hal ini. Apalagi ini terkait dengan produk dari sebuah brand besar yang menampilkan talent nama besar pula,” ujar Wendi saat dihubungi Sindonews.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More