Huawei Kalahkan Apple di Kandangnya Sendiri, Penjualan iPhone Keok di China!

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:49 WIB
Kebangkitan Huawei di pasar smartphone Tiongkok merupakan perkembangan yang signifikan, terutama mengingat sanksi AS yang telah membatasi akses perusahaan. Foto: Ist
CHINA - Untuk pertama kalinya dalam 46 bulan, penjualan smartphone Huawei di China berhasil mengungguli Apple pada Agustus 2024 silam.

Demikian menurut laporan terbaru dari firma riset CINNO. Huawei terus melaju dengan kesuksesan kembalinya handset 5G mereka tahun lalu.

Laporan ini sejalan dengan temuan dari lembaga think tank pemerintah China Academy of Information and Communications Technology, yang melaporkan penurunan 12,7 persen year-on-year dalam pengiriman smartphone asing, termasuk iPhone milik Apple, pada bulan yang sama.



Pengiriman tersebut turun menjadi 1,87 juta unit pada Agustus 2024, dari 2,14 juta unit tahun sebelumnya, sementara pengiriman smartphone domestik naik 26,7 persen menjadi 24,05 juta unit selama periode yang sama.

Persaingan Memanas antara Huawei dan Apple

Persaingan antara Huawei dan Apple di pasar smartphone terbesar di dunia telah menjadi sorotan baru, karena raksasa peralatan telekomunikasi yang berbasis di Shenzhen ini sedang diatas angin. Sebab, bisnis handsetnya meroket. Ini terlepas dari upaya Amerika memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam.

Permintaan yang kuat untuk model handset kelas atas Huawei, seperti seri Mate dan Pura, serta smartphone lipat seperti Mate XT yang baru diluncurkan, membantu mengangkat harga jual rata-rata dan pendapatan grosir perusahaan ke rekor tertinggi pada kuartal kedua, menurut TechInsights.

Dikatakan bahwa China tetap menjadi pasar inti Huawei, sebesar 89 persen dari pengiriman smartphone globalnya.

Pasar Smartphone Tiongkok Didominasi Merek Lokal

Pasar smartphone China terus mendapatkan momentum tahun ini, dengan lebih banyak konsumen tertarik pada merek lokal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More