Malware Android Necro Menginfeksi 11 Juta Perangkat, Hapus Aplikasi Ini di HP Anda Sekarang!

Selasa, 24 September 2024 - 21:34 WIB
2. Max Browser: Browser web yang memiliki 1 juta unduhan di Google Play. Versi terbaru Max Browser, 1.2.0, masih membawa Necro.

Kaspersky mengatakan bahwa kedua aplikasi tersebut terinfeksi oleh SDK periklanan bernama 'Coral SDK,' yang menggunakan obfuscation untuk menyembunyikan aktivitas jahatnya dan juga steganografi gambar untuk mengunduh muatan tahap kedua, shellPlugin, yang disamarkan sebagai gambar PNG yang tidak berbahaya.

Google mengatakan kepada BleepingComputer bahwa mereka mengetahui aplikasi yang dilaporkan dan sedang menyelidikinya.

Penyebaran Necro Trojan di Luar Play Store

Di luar Google Play Store, Necro Trojan menyebar terutama melalui versi modifikasi dari aplikasi populer (mod) yang didistribusikan melalui situs web tidak resmi.



Contoh penting yang ditemukan oleh Kaspersky termasuk mod WhatsApp 'GBWhatsApp' dan 'FMWhatsApp,' yang menjanjikan kontrol privasi yang lebih baik dan batas berbagi file yang lebih luas. Contoh lainnya adalah mod Spotify, 'Spotify Plus,' yang menjanjikan akses gratis ke layanan premium bebas iklan.

Laporan tersebut juga menyebutkan mod Minecraft dan mod untuk game populer lainnya seperti Stumble Guys, Car Parking Multiplayer, dan Melon Sandbox, yang terinfeksi denganloaderNecro.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More