Inovatif, Blindsight Milik Elon Musk Bantu Tuna Netra Melihat Kembali

Senin, 23 September 2024 - 15:19 WIB
Neuralink membantu orang buta mengembalikan penglihatan. Foto/Apolitiknow
JAKARTA - Perusahaan Elon Musk, Neuralink membantu orang buta mengembalikan penglihatan. U.S. Food and Drug Administration (FDA) memberikan status khusus bagi implan bernama Blindsight, yakni perangkat inovatif.

Status ini memungkinkan perangkat tersebut bergabung dalam program yang mendukung percepatan teknologi medis baru. Sejauh ini, 58 perangkat telah menerima sebutan yang sama dari FDA. Persetujuan ini memungkinkan implan untuk bergerak maju dalam proses pengujian.

Musk, yang dikenal dengan tujuan ambisiusnya, merayakan berita ini dengan mengunggah foto aktor LeVar Burton. Dalam acara TV Star Trek: The Next Generation, karakter Burton, Geordi La Forge menggunakan perangkat futuristik untuk membantunya melihat.



Greek Reporter melansir, Senin (23/9/2024) Elon Musk berbagi spesifikasi perangkat Blindsight Neuralink di platform X untuk memperbaiki saraf optik agar melihat kembali. Selama korteks visual otak sehat, individu yang telah buta sejak lahir dapat melihat untuk pertama kalinya.



Situs web FDA ikut memaparkan, Blindsight dirancang untuk mempercepat proses pengembangan, evaluasi dan persetujuan perangkat medis yang mengobati kondisi serius atau permanen. Perangkat-perangkat ini masih harus memenuhi persyaratan keselamatan.

Musk menjelaskan penglihatan yang disediakan oleh perangkat Blindsight awalnya berkualitas rendah. Parameter ini setelah ia membandingkannya dengan grafik video game awal seperti Atari.

Seiring waktu, kualitasnya meningkat melebihi penglihatan alami serta berpotensi memungkinkan pengguna untuk melihat dalam inframerah, ultraviolet, atau bahkan panjang gelombang radar, mirip dengan karakter Geordi La Forge dari Star Trek: The Next Generation.

Juru bicara FDA menjelaskan sebutan perangkat inovatif tidak menjamin bahwa perangkat tersebut dianggap aman atau efektif, juga tidak mengizinkannya dipasarkan untuk penggunaan medis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More