Riset Terbaru Sebut AI Akan Mentransformasi Industri Manufaktur

Rabu, 18 September 2024 - 15:07 WIB
Teknologi AI . FOTO/ CNET
JAKARTA - Hasil riset terbaru temuan dari 2024 Manufacturing Vision Study menunjukkan bahwa secara global 61% perusahaan manufaktur berharap artificial intelligence (AI) mendorong pertumbuhan pada 2029 atau naik dari 41% di 2024.



Di Asia Pasifik, 68% perusahaan manufaktur berharap AI mendorong pertumbuhan 2029 atau naik dari 46% di 2024.



Lonjakan dalam pengadopsian AI digabungkan dengan 92% responden survei global dan 87% di Asia Pasifik yang memprioritaskan transformasi digital menegaskan keinginan perusahaan manufaktur untuk meningkatkan manajemen data dan memanfaatkan teknologi baru yang meningkatkan visibilitas dan kualitas dalam proses manufaktur.

Meskipun transformasi digital menjadi prioritas bagi perusahaan manufaktur, sekitar 30% hingga 40% dari responden di dunia dan Asia Pasifik mengakui bahwa mencapai hal tersebut penuh dengan hambatan, termasuk biaya dan ketersediaan tenaga kerja, meningkatkan solusi teknologi, dan konvergensi teknologi informasi dan teknologi operasional (IT/OT).

Visibilitas ialah langkah pertama menuju transformasi melalui pengadopsian AI dan teknologi-teknologi baru lain.

Ini memungkinkan perusahaan manufaktur memanfaatkan data dengan lebih efektif untuk mengidentifikasi, merespons, memprioritaskan masalah dan proyek-proyek untuk memberikan efisiensi tambahan di seluruh proses manufaktur, serta memastikan dampak terbaik ke depan.

"Studi menyatakan bahwa ada potensi besar pemanfaatan AI dalam industri manufaktur Indonesia. Namun, salah satu tantangan utama untuk maju ialah kurangnya tata kelola data internal yang efektif," kata Eric Ananda, Country Lead Indonesia Zebra Technologies dalam keterangan persnya

Pihaknya memberdayakan perusahaan manufaktur dengan berbagai insight yang strategis dan menyediakan teknologi untuk memajukan pabrik yang terhubung dengan mendorong visibilitas, mengoptimalkan kualitas, dan meningkatkan tenaga kerja mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More