5 Merek HP Terlaris di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo

Sabtu, 11 Mei 2024 - 15:18 WIB
Untuk pertama kalinya dalam 3 tahun terakhir, vivo mengambil posisi teratas pengiriman smartphone di Indonesia. Harap diingat, pengiriman adalah jumlah HP yang dikirimkan dari pabrik ke distributor. Bukan jumlah HP yang terjual.

Pangsa pasar vivo mencapai 19,2% didorong peningkatan saluran distribusi dan strategi pemasaran yang agresif.

Seri Y, termasuk model baru Y100 dan Y03, mendorong pengiriman vivo. Promosi di saluran online seperti Eraspace, Tokopedia, Blibli, Shopee dan Lazada, dan bermitra dengan merek fintech seperti Kredivo dan Spectra untuk promo cicilan, juga membantu vivo meningkatkan minat konsumen.

Sementara itu, Xiaomi tumbuh 55% YoY dan pindah ke posisi kedua. Selama kuartal tersebut, merek mempercepat penggantian model lama dengan penerusnya sambil menawarkan promosi harga.

Redmi Note 13 series, Redmi A3, Pocophone X6, X6 Pro dan Xiaomi 14 adalah beberapa model populer yang diperkenalkan oleh Xiaomi selama kuartal tersebut. Selain itu, Xiaomi memimpin rentang harga “Ini jadi semangat bagi Xiaomi untuk terus menghadirkan inovasi teknologi yang bisa menjangkau seluruh konsumen di Indonesia,” ungkap Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao.

Penurunan YoY terjadi pada Oppo dan Samsung karena berkurangnya pengiriman di segmen entry-level (Sementara itu, realme melihat pengiriman yang lebih rendah di semua rentang harga. realme 12 series baru akan butuh waktu untuk berkembang untuk rentang harga yang lebih tinggi. realme juga melewatkan seri GT yang populer dari tahun lalu.

Segmen menengah (Rp3 jutaan-Rp6 jutaan) tumbuh sebesar 37% YoY pada Q1 2024 untuk mencapai pangsa 27%.

Pertumbuhan ini didorong oleh Xiaomi, Samsung dan vivo, terutama dengan penambahan model baru seperti Samsung Galaxy A15, Galaxy A25, vivo Y100 dan Redmi Note 13 series.

Pengiriman smartphone 5G tumbuh 77% YoY, mencapai 29% dari keseluruhan pengiriman smartphone.

Pertumbuhan ini dipimpin oleh vivo dan Oppo dengan pangsa gabungan 39%. Segmen Rp3 juta hingga Rp6 juta mengalami pertumbuhan terbesar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More