Keren! Aplikasi Karya Anak Bangsa Masuk Semifinal Microsoft Imagine Cup 2024

Jum'at, 19 April 2024 - 22:24 WIB
Solusi Agrimate telah berhasil diujicobakan pada dua komoditas utama, yaitu cabai dan bawang merah, di dua kecamatan yang berbeda di Garut, kota yang dikenal dengan panen raya bawang merahnya. Dari tahap validasi masalah awal hingga tahap pengujian dan pelatihan petani yang komprehensif, lebih dari 100 petani di kedua kecamatan tersebut telah merasakan manfaat langsung dari Agrimate. Ke depannya, Agricode berupaya untuk memperluas penggunanya secara inklusif dengan melibatkan lebih banyak komunitas petani yang sebelumnya masih belum tergapai.

"Keberhasilan tim Agricode melaju ke babak semifinal dalam ajang penghargaan global yang sangat bergengsi ini, membuktikan bahwa masa depan teknologi Indonesia berada di tangan yang tepat," kata Adam Mukharil Bachtiar, dosen di CodeLabs UNIKOM yang melatih dan mendampingi tim Agricode.

Di balik layar, aplikasi Agrimate dikembangkan oleh empat mahasiswa jurusan Teknik Informatika UNIKOM: Adinda Regita Afifah Cahyani, Dinar Nur Aziz, Fajar Buana Hidayat, dan Reymunda Alfathur. Selain berlaga di semifinal Imagine Cup 2024, mereka juga telah meraih merit award dari APICTA - The Asia Pacific ICT Alliance Awards di Hongkong dan mendapatkan pendanaan awal Agrimate dari program Hibah Dikti Kemendikbud.

Selain itu, Adinda dan Fajar juga sudah tidak asing dengan panggung internasional, setelah meraih kemenangan di kategori pendidikan pada Imagine Cup 2023 tingkat Asia, dengan aplikasi SnaillyProject.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More