Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC: Jangan Sampai Tertipu!

Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:37 WIB
Penjual yang tidak bertanggung jawab dapat mengelabui pembeli dan menjual HDC sebagai iPhone asli. Foto: HT Tech
JAKARTA - HDC (Handphone Copy Draw) adalah istilah untuk iPhone palsu yang didesain sangat mirip dengan aslinya. Penjual yang tidak bertanggung jawab dapat mengelabui pembeli dan menjual HDC sebagai iPhone asli.

Sebaiknya, beli iPhone di Apple Store resmi atau reseller resmi Apple. Dan seandainya Anda membeli iPhone seken, luangkan waktu untuk memeriksa dengan teliti.

Bandingkan dengan iPhone asli jika memungkinkan. Ingat, penjual HDC semakin pintar meniru iPhone asli. Jika Anda ragu dan pemeriksaan di atas tidak meyakinkan, sebaiknya tidak mengambil risiko dan membatalkan pembelian.

Agar tidak tertipu, berikut tips cara membedakan iPhone asli dan HDC:

1. Periksa Harga

Hati-hati jika harga iPhone jauh di bawah harga pasar, hampir pasti itu HDC. Apple menetapkan harga resmi yang cukup stabil untuk produk mereka.

Bandingkan pula harga jual iPhone asli bekas dengan kondisi serupa. Jika jauh lebih murah, berpotensi HDC.



2. Cek Fisik Secara Teliti

iPhone asli menggunakan material premium seperti aluminium dan kaca berkelas tinggi. Kualitas build sangat kokoh. Perhatikan bagian sambungan, tidak ada celah sedikitpun.

Nah, iPhone HDC biasanya menggunakan plastik yang terasa lebih ringan dan ringkih. Ciri yang bisa dicermati lainnya adalah logo Apel. Di iPhone asli, logo Apel sedikit menjorok ke dalam, tidak rata dengan permukaan.

Kemudian, cek juga tombol-tombol seperti power, volume, dan mute pada iPhone asli yang memiliki resistensi dan feedback saat ditekan. HDC biasanya terasa lebih lembek.

iPhone asli juga menggunakan port Lightning. Sementara HDC terkadang menggunakan micro USB atau bahkan USB Type-C.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More