Riset Sebut Pengguna Smartwatch Suka Olahraga Lari pada 2023

Jum'at, 05 Januari 2024 - 02:32 WIB
Garmin Indonesia hari ini merilis Laporan Kebugaran Garmin 2023 yang menyoroti tren kebugaran dan kebiasaan olahraga . FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Sebuah penelitian pada tahun 2023 menunjukkan bahwa pengguna smartwatch di Indonesia memiliki motivasi utama untuk menggunakan perangkat tersebut adalah untuk melacak aktivitas fisik dan olahraga.



Garmin Indonesia hari ini merilis Laporan Kebugaran Garmin 2023 yang menyoroti tren kebugaran dan kebiasaan olahraga penggunanya di seluruh dunia. Aplikasi Garmin Connect tahun 2023 melihat peningkatan signifikan untuk jenis olahraga populer seperti berlari, bersepeda, dan berjalan kaki. Aplikasi juga mencatat tren kenaikan pada aktivitas Pilates, HIIT, dan tenis.



Aplikasi Garmin Connect selama tahun 2023 mencatat pertumbuhan cukup baik pada lima aktivitas berikut: lari, jalan kaki, bersepeda, latihan kekuatan, dan kardio dalam ruangan. Pengguna smartwatch Garmin mulai meninggalkan gaya hidup sedentary dan mulai bergerak. Kesadaran ini terlihat pada catatan jumlah langkah rata-rata per hari.

'' Di Indonesia sendiri, aplikasi Garmin Connect mencatat sebanyak 5,577 rata-rata langkah per harinya. Jumlah langkah ini menunjukkan kemajuan, dibandingkan dengan penelitian pada 2017 yang mengatakan bahwa rata-rata orang Indonesia berjalan kaki sebanyak 3,513 langkah per harinya,'' tutur Tiyuk Grahayu, Public Relations Garmin indonesia

Olahraga lari luar ruang menurut data aplikasi Garmin Connect menunjukkan peningkatan sebesar 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini salah satunya merupakan kontribusi dari maraknya lomba lari jalanan yang diselenggarakan di Indonesia.

Menurut WHO, orang berusia 18-64 tahun harus melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang setidaknya 150–300 menit. WHO juga merekomendasikan kelompok usia tersebut untuk melakukan aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang yang melibatkan semua kelompok otot utama selama 2 hari atau lebih dalam seminggu, karena aktivitas ini memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Jam tangan Garmin secara otomatis melacak menit-menit aktivitas berintensitas sedang dan tinggi tersebut sepanjang minggu dan memberikannya sebagai menit intensitas.

Menit-menit berintensitas tinggi dihitung dua kali untuk mencerminkan lebih banyak manfaat yang mereka berikan pada tubuh Anda dibanding dengan intensitas sedang. Jam tangan Garmin mengatur target awal menit intensitas pada angka 150, tetapi Anda dapat mengatur target ini berdasarkan kebutuhan pribadi Anda.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More