Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Rabu, 03 Januari 2024 - 19:24 WIB
Penyebab utama kartu SD tidak terbaca biasanya karena komponennya kotor. (Foto: MNC)
JAKARTA - Penyebab utama kartu SD tidak terbaca biasanya karena komponennya kotor. Jika dibiarkan, kartu SD atau disebut juga SD card akan mengalami kerusakan dan tidak terbaca pada perangkat dan gadget-mu.

Bukan hanya debu, kotornya kartu SD bisa karena adanya benda cair yang mengenai dan menempel pada kartu. Misalnya terkena keringat atau terkena tumpahan air.

Penyebab lain dari tidak terbacanya kartu SD di perangkat adalah kerja yang berlebihan dan full capacity. Kapasitas memori penyimpanan yang kecil tetapi diisi dengan file yang berukuran yang besar hingga melebihi kapasitas mempercepat masa pakai dan membuat file tidak terbaca.

Nah, setelah mendeteksi penyebab SD card tidak terbaca , kini saatnya kamu perlu tahu cara mengatasinya.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

1. Bersihkan Permukaan Kartu





Bila ada file yang tidak terbaca, lepaskan kartu SD dan bersihkan dengan tisu kering atau lap bersih. Ya, lempengan emas pada SD card yang kotor akan sulit dibaca oleh sensor pada perangkat yang digunakan. Apalagi jika kamu kebiasaan melepas dan pasang sd card atau menyentuh bagian lempengan emasnya, lalu diletakkan di sembarang tempat.

2. Restart Perangkat



Restart gadget yang kamu gunakan, baik HP maupun laptop, agar kartu SD kembali terbaca. Cara lain, Matikan gadget kemudian lepas SD card untuk beberapa saat. Lalu, pasang dan aktifkan kembali ke perangkat. Sering mengakses situs yang tidak aman juga menjadi penyebab SD card tidak terbaca akibat serangan malware maupun virus.

3. Aplikasi Pihak Ketiga

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More