5 Tips Aman Pakai Earphone Tanpa Gangguan Pendengaran

Minggu, 10 Desember 2023 - 22:38 WIB
Banyak pilihan earphone berkualitas, baik yang menggunakan kabel maupun jenis earbuds yang umumnya tanpa kabel alias wireless. (Foto: MNC)
JAKARTA - Ketahui tips aman pakai earphone berikut ini. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami gangguan pendengaran. Meski handphone sudah punya speaker bawaan, namun sebagian dari kamu masih saja merasa kurang. Solusinya, Anda bisa menggunakan earphone atau headset eksternal.

Saat ini sudah banyak pilihan earphone berkualitas, baik yang menggunakan kabel maupun jenis earbuds yang umumnya tanpa kabel alias wireless.

Tips Aman Pakai Earphone

1. Pilih Volume Terendah



Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik, seolah-olah musik masuk ke dalam tubuh, tapi ini dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu, kamu perlu mengecilkan volume, tidak hanya musik ataupun suara yang sedang kamu dengar, melainkan juga kondusifkan lingkungan sekitarmu.

Terkadang, kamu sengaja mengencangkan volume karena suara di lingkungan sekitar yang juga berisik. Bila itu terjadi, ada baiknya kamu pindah tempat atau mencari ruangan yang lebih nyaman, sehingga kamu bisa mendengarkan musik tanpa harus membesarkan volumenya.



2. Gunakan Peredam Kebisingan



Jika kamu menggunakan earphone untuk meredam suara di sekitar, menaikkan volume suara/musik hanya akan merusak pendengaran. Sebagai gantinya, kamu bisa mengatasi situasi ini lewat mengganti earphone dengan headphone peredam bising. Ini cara kerjanya menyumbat telinga, supaya suara dari luar tidak terdengar dan tidak mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

3. Batasi Intensitas dan Durasi Penggunaan Earphone



Jaga pendengaran dari dampak buruk earphone dengan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More