10 Skandal Industri Teknologi yang Mengguncang Dunia

Selasa, 21 November 2023 - 22:00 WIB
Facebook pernah diterpa skandal memanipulasi perasaan pengguna pada tahun 2014. (Foto: Gizmodo)
JAKARTA - Kemajuan teknologi tak hanya mendatangkan kemudahan bagi masyarakat. Banyak skandal besar industri teknologi yang telah terjadi sepanjang sejarah umat manusia.

Bentuk skandal itu berupa penipuan besar-besaran, upaya spionase, kegagalan produk andalan hingga upaya embargo dalam kompetisi memperebutkan pasar.

Berikut 10 skandal industri teknologi yang terungkap dikutip dari Slash Gear, Selasa (21/11/2023).

1. Kebakaran Baterai Samsung Galaxy Note 7



Musibah besar melanda perusahaan Samsung setelah beberapa pekan peluncuran Galaxy Note 7. Kesalaham desain baterai menyebabkan elektroda di dalamnya bengkok sehingga menyebabkan perangkat terbakar.

Bukan hanya satu kejadian, berita tentang perangkat yang tiba-tiba meledak muncul di mana-mana. Alhasil Samsung mengumumkan penarikan 2,5 juta unit yang telah terjual. Pelanggan diberi dua opsi, refund atau mendapat perangkat pengganti.



Namun, skandal itu tidak berakhir. Tidak lama kemudian, muncul laporan tentang ponsel pengganti yang juga terbakar. Salah satunya di penerbangan Southwest. Ponsel itu membakar sebagian karpet pesawat, menyebabkan penerbangan dibatalkan. Setelah laporan tambahan ini muncul, Samsung terpaksa menarik Galaxy Note 7 sepenuhnya dan memberikan pengembalian penuh kepada pelanggan dengan biaya besar baik untuk pendapatan maupun reputasinya.



2. Eksperimen Facebook



Pada tahun 2014, terungkap bahwa Facebook telah melakukan eksperimen pada penggunanya dua tahun sebelumnya untuk melihat bagaimana algoritmanya dapat memanipulasi perasaan pengguna.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More