7 Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP Beserta Penyebabnya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:36 WIB
Beberapa aksesori ponsel atau penyimpanan yang penuh dapat memengaruhi kinerja layar dan menyebabkan ghost touch.

Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP

1. Restart Ponsel



Melakukan restart pada ponsel bisa menjadi langkah paling mudah mengatasi ghost touch. Hal ini dapat membantu memperbaiki bug sementara atau gangguan perangkat lunak yang menyebabkan ghost touch.



2. Bersihkan Aplikasi



Saat sedang menggunakan ponsel, tak jarang pengguna membuka banyak aplikasi dalam sekali jalan. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan memungkinkan ponsel akan neg-lag, dan hal ini akan menjadi penyebab ghost touch yang akan mengganggu.

3. Hapus Aplikasi yang Bermasalah



Identifikasi apakah ghost touch muncul setelah menginstal aplikasi tertentu. Hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut dan lihat apakah masalahnya teratasi.

4. Pastikan Layar Ponsel Bersih



Adanya paparan air atau cairan tertentu di bagian layar bisa jadi penyebab ghost touch. Maka, untuk menghindari hal ini terjadi pastikan untuk kondisi layar selalu dalam keadaan bersih dan hindarkan dari jenis cairan apapun.

5. Periksa Pelindung Layar



Pastikan aksesori tambahan seperti pelindung layar atau casing tidak menyebabkan gangguan pada layar. Beberapa aksesori mungkin tidak kompatibel atau rusak, yang dapat menyebabkan ghost touch.

6. Mengganti Charger



Gangguan elektromagnetik di sekitar ponsel dapat mempengaruhi kinerja layar dan menyebabkan ghost touch. Jika hal ini terjadi segera ganti charger dengan yang baru supaya masalah ghost touch tidak semakin parah dan merambah ke bagian lain.

7. Reset Pabrik



Jika masalah ghost touch tetap persisten, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada ponsel. Namun, pastikan Anda mencadangkan data penting sebelum melakukannya.

Demikian 7 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ghost touch pada hp, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More