7 Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iPhone, Ada Buatan Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:53 WIB
Aplikasi cek kualitas udara di Android dan iPhone penting untuk diketahui. Foto: Nafas Indonesia
JAKARTA - Ada banyak aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan pada perangkat Android maupun iPhone. Beberapa di antaranya tersedia dalam versi gratis serta premium berbayar.

Kualitas udara di dunia berangsur-angsur memburuk. Termasuk juga di kota Jakarta. Bahkan, kualitas udara di Jakarta belakangan ini disebut terburuk di dunia. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi masyarakat yang kerap beraktivitas di ruangan terbuka.

Selain menggunakan masker atau menghindari terlalu banyak di luar ruangan, hal lain yang bisa dilakukan adalah mengecek kualitas udara lewat aplikasi.

Platform ini memungkinkan pengguna mengetahui kondisi kualitas udara di sekitarnya.

Lantas, apa sajakah aplikasi cek kualitas udara di Android dan iPhone yang bisa digunakan? Berikut beberapa rekomendasinya.



Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iPhone

1. IQAir AirVisual

AirVisual menyediakan layanan untuk mengukur serta memantau kondisi polusi udara di tingkat kota. Setelah pengguna memilih lokasi yang ditentukan, nantinya aplikasi cek kualitas udara ini akan mengambil data polusi dari pusat terdekat.

Demi menjaga keakuratan data, AirVisual juga mengekstrak informasi polusi dari situs resmi pemerintah. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur berupa peta grafis untuk melihat status polusi di tempat-tempat tertentu melalui globe.

Bagi Anda yang ingin menggunakannya, IQAir Air Visual tersedia di perangkat Android dan iOS. Pengguna bisa mengunduhnya langsung melalui Play Store ataupun App Store.

2. Nafas

Nafas adalah aplikasi cek kualitas udara buatan Tanah Air. Dikembangkan NAFAS Indonesia, platform ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Play Store. Nafas dirancang untuk membantu mengelola informasi terkait paparan polusi udara. Aplikasi ini terhubung dengan jaringan sensor kualitas udara luar ruangan yang tersebar dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More