WhatsApp Kenalkan Fitur Channel atau Saluran, Apa Gunanya?

Kamis, 08 Juni 2023 - 17:33 WIB
Saluran WhatsApp menjadi fitur baru yang membuat pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mengikuti channel tertentu. Foto: dok WhatsApp Indonesia
JAKARTA - WhatsApp punya fitur baru, namanya Channel atau Saluran. Fitur ini mirip dengan Broadcast Channel yang sudah ada di Instagram

Saluran atau Channel adalah cara sederhana dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

Saluran akan ada di tab baru yang disebut Pembaruan. Saluran adalah fitur siaran satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling.

Untuk membantu memilih saluran yang ingin diikuti, WhatsApp membuat direktori khusus dimana pengguna dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari bisnis, organisasi pemerintah, dan lainnya.

“Anda juga dapat mengikuti sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim dalam chat, email, atau diposting secara online,” tulis WhatsApp.



Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Demikian sebaliknya, nomor telepon Anda juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya ketika Anda mengikuti sebuah saluran. “Siapa pun yang Anda ikuti adalah keputusan pribadi Anda sepenuhnya,”.

30 Hari Pesan Akan Dihapus

Sama seperti proses berkirim pesan, pembaruan dalam Saluran tidak harus selalu ada selamanya. Jadi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari dan akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut.

Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka.

Admin pun berhak untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan di direktori atau tidak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More